Manado,Kp - Rabu (22/11/2017), pengurus dan direksi Puskud Sulut menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang di hadiri oleh Pemprov Sulut yang di wakili oleh Asisten bidang Ekonomi Pembangunan dan SDA, Ruddi Mokoginta, Direktur Operasional Puskud, Fabian Kaloh dan Ketua Puskud, Frits Tairas dan sejumlah anggota pengurus, serta dihadiri oleh 138 koperasi, di hotel Peninsula Manado. 

Kemudian pada Kamis (23/11/2017) Kembali dilakukan  RAT Puskud di Hotel Lion manado dengan berbeda kepengurusanya, dimana kepengurusan untuk Direktur Utama, Sonya Kembuan dan Direktur Oprasional Fabian Kaloh. Sedangkan kepengurusannya  diketuai oleh Ratu Dareda.

Berbeda dengan pertemuan di Hotel Peninsula, RAT yang dilaksanakan di Lion Hotel tidak di hadiri oleh Fabian Kaloh sebagai Direktur Operasional. 

Untuk kedua kalinya, Asisten Ekonomi Pembangunan dan SDA setda prov Sulut Rudi Mokoginta Hadir dalam Rapat anggota Tahunan Puskud dengan Komposisi kepengurusan yang berbeda, namun di hadiri juga oleh Kepala Dinas Kopersi dan UKM Daerah Christiano Talumepa dan Sekertarisnya, Benny Kalonta. Ditambah dengan 153 anggota Koperasi di sulut. 

Kepala dinas Koperasi dan UKM Christiano Talumepa pada arahannya,  mengatakan dimana Pelaksanaan RAT Puskud Sulut di dua lokasi yang berbeda dengan komposisi kepengurusan yang berbeda dinilai cacat Hukum karena tidak sesuai dengan Permen Kop no. 19 Tahun 2015 yang menyebutkan tentang penyelenggaraan rapat anggota tahunan dengan penjelasan bahwa pelaksaanan RAT selambat-lambatya 6 Bulan setelah Tahun tutp buku. “Karena pelaksanaan RAT dilaksanakan pada Bulan November, secara hukum RAT tersebut Cacat Hukum,” tegasnya.

Talumepa pun menyarankan agenda RAT di ubah menjadi rapat / konsolidasi anggota, guna membahas program kerja 2018.

Kata Talumepa permasalahan yang di hadapi Puskud Sulut selama ini seakan belum terpecahkan, karena berdasarkan data yang ada, bukan terjadi dualisme kepengurusan namun ada lima kepengurusan yang berbeda. 

Di tempat yang sama Asisten bidang Ekonomi pembangunan dan SDA Setda prov sulut Ruddi Mokoginta ketika di mintai keterangan terkait kehadiranya di dua Agenda RAT dengan kepengurusan yang berbeda mengatakan, bahwa dirinya hanya mengikuti petunjuk pimpinan untuk membuka acara tersebut, dirinya mengaku atas ketidak tahuannya dengan permasalahan yang di hadapi Puskud Sulut.

“Hal ini juga terjadi miskomuninkasi antara Sespri gubernur dengan bagian TUP Setda sebagai penerima undangan,” ungkapnya.

Mokoginta pun berharap kedua kubuh tersebut dapat mengambil jalan tengah, dan duduk bersama kembali guna kemajuan Puskud Sulut kedepan. 

Sementara itu Ketua Puskud Sulut,  Ratu Dareda ketika dimintai keterangan terkait terjadinya dualisme kepengurusan  dan ada dua versi RAT mengatakan, terjadinya dualisme akibat tidak sepaham dengan keputusan terkait pengelolaan Kantor Puskud di Jalan Sam Ratulangi.  “Yang isi dalam surat tersebut pimpinan Puskud tidak tercantum melainkan atasnama salah satu perusahan,” ungkapnya. 

Dareda juga menegaskan dalam rapat anggota kali ini akan membahas soal Status kepengurasan dari Sonya Kembuan dan Fabian Kaloh yang sudah bersebrangan dengan pengurus Puskud yang menurut Dareda pengurus yang sah. 

Diketahui, pada pemberitaan sebelumnya, telah dilaksanakan RAT Puskud Sulut di hotel Peninsula  dengan Kepengurusan yang berbeda yakni, Sonya kembuan Direktur Utama, Fabian Kaloh Direktur Operasional, sedangkan Ketua Puskud, Frits Tairas. 

 

Penulis : Ain

Terpopuler

Unsrat Bakal Memiliki Laboratorium Biomolekuler Be...
10 Sep 2020 07:40 - Redaksi

Universitas Sam Ratulangi.   MANADO Kabarpost.com - Laboratorium biomolekuler berstandar biosafet [ ... ]

Puluhan Usaha Tak Kantongi Izin, DPTSP Boltim Akan...
05 Jul 2019 14:21 - Redaksi

Bangunan sarang burung walet di salah satu tempat di boltim.    BOLTIM kabarpost - Puluhan Usaha [ ... ]

Kolaborasi Pemprov Sulut, Manajemen Sulut United ...
05 Feb 2021 14:11 - Redaksi

Manajemen Sulut United saat membersihkan sampah. (Foto.ist)   MANADO Kabarpost.com - Dalam rangka [ ... ]

Pemkab Boltim Kembali Raih Penghargaan dari BKN Re...
28 Jun 2019 10:37 - Redaksi

penghargaan dari BKN Regional XI di terima oleh Sekretaris BKPSDM Muhammad Reza Mamonto, mewakili Pe [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3
Fh unsrat