Penilaian terhadap pemerintahan Tatong Bara. 

 

KOTAMOBAGU Kabarpost.com - Walikota Kota Kotamobagu Tatong Bara ternyata mempunyai cerita dan nilai yang tidak memuaskan masyarakat selama memimpin. 

Mulai dari keberhasilan menjadikan Kotamobagu sebagai kota bersih yang dikuatkan dengan  penghargaan tropi Adipura dari Pemerintah Pusat, hingga menjadikan Kotamobagu sebagai kota bentor .

Dari hal-hal yang sifatnya samar dan kamuflase tersebut, apakah benar Pemerintahan Tatong berhasil ?

Jawabnya : Tidak. Tutur Lembaga Masyarakat (LSM) Lidik Krimsus, Ali Aduka ke awak media, Rabu (7/2/2018).

“Pemerintahan dinyatakan berhasil, ketika mampu mampu mensejahterakan rakyatnya, juga bisa mengentaskan angka kemiskinan. Bukan menambah angka kemiskinan di wilayahnya," kata Ali Aduka.

Menurut Aduka,  jika mengacu ke data Badan Pusat Statistik (BPS) / 18 Januari 2018 maka angka  kemiskinan di Kotamobagu meningkat hingga 1%, jika dibandingkan dengan Pemerintahan Djelantik kala itu.

“Di awal Pemerintahan Djelantik di tahun 2009, angka kemiskinan ada 8,6 %,kemudian di akhir jabatannya pada tahun 2013 turun menjadi 6.9 %. Di masa TB pada Tahun 2014 angka kemiskinan adalah 6.76 %,kemudian naik ke 7.28% di Tahun 2017”,jelas Aduka.

Dari presentase tersebut, dapat terlihat jelas dan kongkrit bahwa Pemerintahan hari ini tidak dapat mencapai prestasi yang substansial, yaitu mensejahterakan Rakyat Kotamobagu dengan cara mengurangi angka kemiskinan.

“Prestasi pemerintah itu bukan karna mendapatkan penghargaan atau mampu membuat infrastruktur yang banyak, tapi keberhasilannya adalah kesejahteraan rakyat dengan cara mengurangi angka kemiskinan," jelasnya lagi.

Karenanya lanjut Aduka, jika Pemerintahan hari ini tidak mampu mensejahterakan rakyatnya, dan bahkan lebih baik dari Pemerintahan sebelumnya, maka baiknya Introspeksi diri.Dijelaskan ke publik apa alasannya kenapa tidak lebih baik dari Jealantik, titik lemahnya dimana dan kekurangannya apa.

“Harus berani menjelaskan ke Publik kenapa angka kemiskinan di tahun ini jauh lebih baik di masa pemerintahan sebelumnya, sudah menjadi konsekuensi Pemerintahan jika di nilai gagal dan mendapatkan kartu KUNING dari Rakyat," pungkasnya. 

 

(Mizzy

Terpopuler

Menteri ESDM Resmikan 5 Sumur Bor bagi Masyarakat ...
23 Oct 2017 00:28 - Redaksi

Manado, Kp - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia  (RI), Ignasius Jonan [ ... ]

Polisi Bekuk Tiga Pelaku Pencuri Cengkeh di Wilaya...
03 Jul 2019 11:15 - Redaksi

 salah satu pelaku pencuri cengkeh di dalam mobil petugas di polsek urban kotabunan.    BOLTIM  [ ... ]

Menjawab Kebutuhan Perkembangan olahraga di Boltim...
31 Jan 2019 11:51 - Redaksi

 Saprudin Mokoagow.    BOLTIM kabarpost.com - Aspirasi Masyarakat yang sudah di bentuk melalui  [ ... ]

Ketambahan Pasien Covid Meninggal, Wabup Moktar : ...
07 Jan 2021 01:20 - Redaksi

Pasien covid yang meninggal dunia.   TALAUD Kabarpost.com - Dengan adanya ketambahan pasien covid [ ... ]

Other Articles
Iklan telly djangkulung