Lucia Taroreh

 

MANADO Kabarpost.com - Tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) masih marak. Nada kecaman dilayangkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut). Pemerintah pun didesak serius memberikan perhatian.

Legislator Gedung Cengkih, Lucia Taroreh menegaskan, KDRT yang umumnya terjadi kepada ibu rumah tangga (IRT) sangat tidak manusiawi. Menurutnya, perempuan bukan untuk dijadikan sumber pelampiasan kekerasan dari suami. “Itu kan ada Undang-Undang Nomor 23 tahun 2004. Kalau ada kejadian seperti itu mereka punya hak untuk melaporkan dan itu harus diproses pihak kepolisian secara sunggu-sungguh. Jangan cuma dibiarkan,” tegas Taroreh, Rabu (4/4/2018), di ruang kerjanya.

Ia secara terang-terangan mengecam tegas bahwa di rumah tangga tidak boleh ada kekerasan. Keluarga harus dilandasi dengan kerukunan. “Karena membentuk keluarga seharusnya dengan cinta, bukan dasar lain. Harus disosialisasikan ke perempuan tidak boleh seenaknya memperlakukan seperi itu, dengan menjadikan pelampiasan istri. Kekerasan kan bisa juga fisik dan non fisik,” ungkapnya.

Taroreh berharap ada penanganan serius dari pemerintah. Termasuk melakukan pemberdayaan terhadap perempuan. Ia  menilai, selama ini program-program di Badan Pemberdayaan Perempuan sudah selalu menyosialisasikan terkait undang-undang perlindungan tersebut. Hanya saja baginya, belum menyentuh keseluruhannya. “Justru itu banyak terjadi di bagian-bagian terpencil. Ini karena juga disebabkan faktor ekonomi. Makanya  pemberdayaan perempuan harus ada usaha untuk memberdayakan supaya mereka bisa menunjang keluarga. Faktor ekonomi memang salah satu di antaranya tapi kebanyakan karena persoalan ini,” kuncinya. 

(Ain)

Terpopuler

Lakukan Curanmor, Kedua Remaja Ditangkap
15 Jan 2020 15:39 - Redaksi

Pelaku yang ditangkap.   MANADO Kabarpost.com - Tim Lipan Polsek Malalayang berhasil mengamankan  [ ... ]

Gubernur Ajak Kadin Investasi di Sulut
04 May 2018 20:23 - Redaksi

Foto bersama dalam kegiatan Rakor.    MANADO Kabarpost.com - Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondo [ ... ]

Calon PNS Kemenkumham RI Wilayah Sulut Studi Lapan...
10 Aug 2018 01:43 - Redaksi

Foto bersama usai kegiatan.    MANADO Kabarpost.com - Rabu (8/8/2018), Badan Pendidikan  dan Pe [ ... ]

Peringatan HKN ke-54, Wagub Ingatkan Tenaga Keseha...
03 Dec 2018 13:41 - Redaksi

Perayaan peringatan HKN    MANADO Kabarpost.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menggelar P [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah