Meiva Lintang

 

MANADO Kabarpost.com - Saat ini rata-rata sekolah di Indonesia sudah menjalankan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), namun di Sulut sendiri masih ada beberapa sekolah yang belum menjalankan ujian dengan sistem komputer tersebut. 

Dari data yang didapat, pada tahun 2018, ada sekitar 18 Sekolah Menengah Atas (SMA) yang masih menerapkan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pencil (UNKP). 

Personil Komisi IV DPRD Sulut, Pdt Meiva Salindeho Lintang mengatakan, harusnya persoalan ini diberikan solusi. Apalagi masalah sarana pra sarana sudah sejak tahun lalu menjadi keluhan. “Saya sudah tanyakan langsung ke dinas terkait. Apa kendala dan harus secepatnya diberikan solusi,” ungkap Meiva, baru-baru ini, di ruang kerjanya.

Mantan Ketua DPRD Sulut ini menjelaskan, dirinya tidak hanya mempertanyakan soal kendalanya tidak diberlakukan UNBK tersebut, melainkan juga ikut memberikan sumbang saran. Misalnya, pemerintah harus memberikan selisih waktu satu minggu antara ujian SMA dengan SMK. “Namun kembali lagi, masalah teknis jaringan dan listrik yang menjadi kendala. Apalagi di pulau-pulau,” tukasnya.

Ada beberapa alternatif yang menurutnya harus dibijaki oleh pemerintah. Utamanya ketika masih adanya eberapa kendala di lapangan soal jaringan dan sarana prasarana. “Sebenarnya solusinya mudah saja. Pemprov melalui dinas terkait memfasilitasi peserta ujian di pulau-pulau untuk gabung dengan sekolah-sekolah di ibukota yang fasilitasnya jauh lebih baik,” tutup Meiva.

Sementar, Kabid Urusan SMA/SMK Dikda Sulut, Arthur Tumimpa menuturkan, umumnya karena belum ada jaringan (red signal) hingga ketersedian komputer yang masih kurang. “Masalah utama jaringan. Karena, jika untuk komputer masih bisa diatasi dengan saling bantu pinjam dari sekolah lain (SMA/SMK) atau dari orang tua siswa,” pungkasnya seraya menambahkan seperti yang dilakukan oleh SMA N 2.

Dirinya juga membeberkan data sekolah yang sudah dan belum melaksanakan UNBK di tahun ini. “Yang sudah UNBK total 197 sekolah. Sementara yang masih UNKP masih ada 18 sekolah,” tutupnya. 

(Ain)

Terpopuler

Sepelehkan Social Distancing/Physical Distancing, ...
02 Jun 2020 08:32 - Redaksi

Steven OE Kandouw.   MANADO Kabarpost.com - Untuk memutus mata rantai covid 19, tentunya masyarak [ ... ]

Pemprov Sulut Dukung Penerapan Penganekaragaman Ko...
27 Nov 2019 15:20 - Redaksi

Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan saat menghadiri lomba cipta menu beragam, bergizi [ ... ]

Pimpin Ziarah di TMP, Olly : Mari Bangun Indonesia...
10 Nov 2019 14:07 - Redaksi

Tabur bunga di TMP Kairagi Manado dalam rangka memperingati Hari Pahlawan   MANADO Kabarpost.com  [ ... ]

Polda Sulut Ungkap Prostitusi Online di Manado
23 Feb 2018 13:20 - Redaksi

Wanita yang diamankan Polda Sulut.     MANADO Kabarpost.com - Maraknya praktek prostitusi secar [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3
Fh unsrat