Para anggota DPRD Sulut yang mengikuti Bimtek di Jakarta. 

 

JAKARTA Kabarpost.com - Bertempat di Hotel Harris Vertu Harmoni Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta, Sekretariat DPRD Provinsi Sulut sukses melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Anggota DPRD Sulut.

Menurut Sekwan DPRD Sulut, Bartolomeus Mononutu, SH, penyelenggaraan bimtek yang dilaksanakan pada tanggal 21 sampai 25 Mei 2018 ini dalam rangka peningkatan pengetahuan dan kemampuan anggota DPRD, agar nantinya semakin mendukung implementasi peran, hak, kewajiban, kewenangan, fungsi dan tugas anggota DPRD Provinsi Sulut.

“Bimtek ini hasil kerja sama Setwan dengan Badan Pengembangan SDM (BPSDM) Kemendagri dan Universitas Trisakti,” ujar Mononutu.

Lebih lanjut, Kabag Keuangan, Dammi Tendean SE sebagai panitia, mengatakan bahwa peserta Bimtek ini diberi pemahaman tentang PP No 12 Tahun 2018 tentang tatib DPRD peran dan fungsi DPRD dalam perencanaan pembangunan daerah sesuai Permendagri  86 tahun 2017, UU No 7 tahun 2017 dari sisi implementasi politik dan hukum, pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan pemda, mekanisme pelaksanaan pinjaman daerah dan obligasi, serta mekanisme pelaksanaan hibah dan bansos. 

Diketahui, dalam pelaksanaannya, Bimtek ini berlangsung sangat interaktif, dimana para anggota DPRD sangat antusias untuk bertanya kepada  dan berdiskusi dengan fasilitator terutama hal-hal prinsip yang terkait dengan isu-isu aktual yang berkembang saat ini di daerah. 

Beberapa anggota DPRD yang diwawancarai, mengatakan penting dan strategisnya bimtek ini, dan diharapkan bimtek ini dapat dilaksanakan 2 (dua) kali setahun, mengingat implementasi kebijakan dan isu penyelenggaraan pemda yang sangat dinamis, dan perlu kemampuan dan respons koordinasi dan pengawasan yang cepat oleh pimpinan dan anggota DPRD sebagai mitra Pemda  Provinsi Sulut. 

Bimtek ini didukung oleh tim fasilitator yang berasal dari Pejabat Kemendagri dan Universitas Trisakti Jakarta, dan pesertanya terdiri dari Anggota DPRD dan pejabat struktural Sekretariat DPRD Provinsi Sulut.

Dari jumlah 43 anggota DPRD yang hadir 28 dan tidak hadir 15 anggota. 

“Ketidakhadiran anggota dewan  karena sebagian melaksanakan tugas luar negeri, kegiatan partai, kegiatan gereja, kegiatan mesjid/puasa dan ada yg sakit,” tukas Kabag Humas DPRD Sulut, Jackson Ruaw.

(Ain)

Terpopuler

Sempat Buron, Pelaku Penganiyaan Berhasil Diringku...
29 Dec 2019 12:21 - Redaksi

Pelaku yang ditangkap.   MANADO Kabarpost.com - Setelah sempat satu bulan, pelaku penganiayaan te [ ... ]

Inilah Pejabat Eselon 2 yang Dilantik Gubernur Oll...
22 Jul 2020 04:17 - Redaksi

Gubernur Olly berharap pejabat yang dilantik bisa bekerja sesuai dedikasinya. (Foto.ist)   MANADO [ ... ]

Kesiapan Turnamen Tripika Cup Kian Dimatangkan Pan...
23 Jan 2018 12:11 - Redaksi

KOTABUNAN kabarpost.com - Kesiapan perhelatan open turnamen Sepak Bola Tripika Cup kian dimatangkan. [ ... ]

HUT ke 27 JaLA UPK Unsrat, Prof Ellen Tanam Bibit ...
19 Apr 2021 00:45 - Redaksi

Rektor Unsrat Prof Ellen Kumaat saat melakukan penanaman bibit pohon.   MANADO Kabarpost.com –  [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah