Aksi unjuk rasa yang dilakukan buruh nelayan yang tergabung dalam ASNEKO. 

 

MANADO Kabarpost.com - Ribuan buruh nelayan yang tergabung dalam asosiasi nelayan pajeko (ASNEKO) badan pimpinan pusat Sulawesi Utara, menggelar unjuk rasa damai tepatnya di halaman kantor Gubernur Sulut, Senin (23/7/2018) siang tadi.

Salah satu yang berorasi anggota DPRD Sulut dari Partai Golkar, yang juga pelaku perikanan, Yongki Limen dalam orasinya meminta kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) segera turun tangan untuk melihat secara langsung kesejahteraan para nelayan dan buruh nelayan yang ada di daerah bumi nyiur melambai ini. 

Hari ini tempat pelelangan ikan (TPI) di Tuminting Manado kami segel dan hari ini tidak ada ikan. Kami datang  untuk mengetuk hati nurani pak Gubernur Olly dan pak Steven Kandouw selaku pimpinan di daerah ini. 

“Saya sebagai pelaku usaha datang kemari bukan unsur politis, tapi saya sebagai masyarakat biasa," ungkap Yongki Limen dalam orasinya.

"Sekali lagi saya minta kepada pak Gubernur Olly tolong di tanggapi aspirasi rakyat nelayan kecil kami," teriak Limen dengan tegasnya.

Lanjut anggota DPRD Sulut itu menyebutkan tadi saya menutup kantor DKP di tempat pelelangan ikan (TPI), karena buat apa kalau sudah tidak berfungsi lagi.

"Mungkin ini tindakan tidak terpuji. Jadi saya minta maaf karena ini perbuatan tidak baik. Tapi saya siap kalau memang mau diproses, saya siap karena apa, untuk masyarakat kita.

Pokoknya kami datang kesini mendengar suara pak Olly, apa kesimpulan dari pak Gubernur, bukan tidak menghargai bapak-bapak yang menerima kami," ucapnya.

"Sekali lagi ini bukan unsur politis tapi ini untuk kepentingan masyarakat nelayan di Sulut," pungkasnya.

Para unjuk rasa itu pun diterima oleh pemerintah provinsi Sulut, melalui Asisten 1 Setdaprov Edison Humiang, Kaban Kesbangpol, Mecky Onibala serta Kepala Kabid Perikanan Tangkap

Tienneke Adam. Perwakilan Pendemo tersebut pun diajak dialog langsung di dalam ruangan kantor Gubernur Sulut guna mencari solusi yang terbaik demi kesejahteraan masyarakat nelayan yang ada di daerah ini.

(Ain)

Terpopuler

Peringati Hari Bumi, KMPA Tansa Sulut Menanam Ma...
28 Apr 2019 01:21 - Redaksi

Menanam pohon mangrove di kampung wori.   WORI Kabarpost.com - Kelompok Muda Pecinta Alam (KMPA)  [ ... ]

Mutasi Jabatan 78 Perwira Tinggi TNI
28 May 2020 05:10 - Redaksi

  MANADO Kabarpost.com - Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. kembali melak [ ... ]

Pegawai Lingkup Kantor Gubernur Sulut Gelar Ibadah...
13 Dec 2018 15:56 - Redaksi

Ibadah Pra Natal yang dihadiri langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama ibu dan Wagub S [ ... ]

Olly : Aman Itu Keren
02 Mar 2019 11:01 - Redaksi

Kegiatan Millennial Road Safety Festival (MRSF) 2019 yang digelar di Kawasan Megamas Manado, Sabtu ( [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah