Novly Wowiling. 

 

MANADO Kabarpost.com - Jika sebelumnya Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulut menyebarkan bibit-bibit berupa cabe, tomat, bawang merah dan tanaman lainnya, kali ini Distanak sementara menyebar benih padi di 15 Kabupaten/Kota yang ada di Sulut. Hal ini dikatakan Kadis Pertanian dan Peternakan Sulut, Novly Wowiling.

Wowiling melanjutkan, ini merupakan menunjang program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK). Ini tentunya akan sangat membantu masyarakat. 

Wowiling pun menambahkan, saat ini benih padi disebar di 3000 hektare lahan di 15 kabupaten/kota di Sulut yang sentra padi. 

“Kita tidak meyebar menyeluruh di lokasi persawahan tetapi hanya di spot-spot kecil sebagai pengembangan perbanyakan varitas untuk selanjutnya di tahun 2019 akan dijadikan benih kembali,” terangnya. 

Wowiling pun melanjutkan, saat ini Distanak Sulut sementara pengembangan padi sawah. Di Sulut secara khusus pengembangan varitas sulutan Unsrat 1 dan Sulutan Unsrat 2. 

“Yang secara kebetulan yang menciptakan varitas ini adalah dari Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado,” ujarnya.

“Sudah ada beberapa spot lokasi yang kita buat termasuk juga sudah dilakukan beberapa petani di Minasaha, Minahasa Selatan (Minsel), Minut dan hasilnya bagus. Untuk satu hektare lahan bisa menghasilkan padi 7 sampai 8 ton gabah,” papar Wowiling, sembari mengatakan, Melihat hasil ini kita lebih semangat mengembangkan varitas Sulutan Unsrat 1 dan Sulutan Unsrat 2 tersebut. 

“Tahun depan akan kita adakan lagi dan disebarkan ke para petani karena hasilnya bagus,” tukasnya. 

Selain itu, tambah Wowiling, ada juga beras merah. Pak Gubernur, Olly Dondokambey sudah menanam lebih dahulu beras merah ini dan hasilnya juga bagus. 

“Besok (Jumat) akan ada panen beras merah di daerah Sumarayar, Minahasa dimana daerah tersebut kami jadikan sumber benih khusus beras merah,” tandasnya.

(Ain)

Terpopuler

Dinilai Pemborosan Terbesar, Pembelian Kendis Baka...
28 Feb 2018 15:26 - Redaksi

Bupati Boltim Sehan Landjar saat berdiskusi dengan Wakil Bupati Rusdi Gumalangit.     TUTUYAN K [ ... ]

Fajar Bulawan Bantai Garuda Muda Tombolikat
25 Feb 2018 14:42 - Redaksi

Nampak pelatih Tim Fajar Bulawan, Junaidi Sani (kaos Putih)  didampingi Sangadi Bulawan Induk Sulae [ ... ]

Kemendagri Dorong Pemprov Sulut Tingkatkan Kualita...
06 Jun 2018 10:29 - Redaksi

Sosialisasi Permendagri Nomor 38 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan APBD TA 2019 di Auditorium Ma [ ... ]

Walikota Manado Rayakan HUT ke- 60
10 Jun 2019 14:54 - Redaksi

Ir. GS Vicky Lumentut.   MANADO Kabarpost.com - Tepatnya hari ini, Senin (10 /6/2019) Walikota Ma [ ... ]

Other Articles