Lucky Rumopa

 

MANADO Kabarpost.com - Staf khusus Gubernur Sulut Olly Dondokambey yakni Pdt Lucky Rumopa angkat bicara soal anjloknya harga kopra di Sulawesi Utara (Sulut).  Menurutnya, anjloknya harga  Kopra di Sulut, bukan berarti pemerintah ODSK tutup mata atas persoalan ini, antara lain sikap proaktif  Pemerintah Provinsi Sulut. 

“Gubernur Olly mengutus Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven Kandouw ke Eropa untuk memperjuangkan harga Kopra yang tembus, turunnya harga nilai beli kopra, sebagaimana diketahui oleh pelaku ekonomi karena krisis ekonomi Eropa yang turut mempengaruhi nilai beli,” jelasnya. 

Oleh sebab itu, lanjut Rumopa,  sangat  beralasan Wagub Kandouw bersama beberapa pejabat ke negara Belanda, dalam kunjungan kerja diterima oleh pihak kedutaan besar RI di Den Haag, dan diterima Wakil Duta Besar RI untuk Belanda Fikry Casidi di Kantor Kedutaan Besar RI di Den Haag, Senin (26/11/18).

Dalam Penjelasan Casidi, khusus nilai beli kopra bahwa, sejak beberapa bulan terakhir produk kopra yang masuk ke Belanda mengalami penurunan yang signifikan dan ini menjadi fenomena secara global, khususnya di Eropa. 

“Dalam pertemuan tersebut

Ada klausul yang disepakati, dimana pihak kedutaan akan melaksanakan market inteligen terhadap beberapa produk Indonesia yang mengalami  fluktuasi harga tersebut,” terang Rumopa sembari menambahkan, minimal mengadakan intervensi terhadap pabrik-pabrik di Belanda yang telah memiliki pasar pembeli dengan indonesia khususnya Sulut. 

 Rumopa yang juga memantau kunjungan Wagub di Belanda mengatakan, harusnya juga Kadis Perindustrian dan Perdagangan Daerah Provinsi Sulut, Jenny Karouw hadir dan terutama harus mengklarifikasi turunnya harga kopra kepada masyarakat. 

Ironisnya lagi begitu banyak agenda kegiatan dinas perindustrian ke luar negeri tapi tidak menyentuh persoalan penting yang terjadi. "Lebih baik mundur sebagai Kadis Perindustrian dan Perdagangan bila kerjanya tidak jelas,” tandas Rumopa. 

(Ain)

Terpopuler

Ikuti Rakor dengan Menkopolhukam, Fatoni Ungkap Pi...
02 Oct 2020 11:19 - Redaksi

Pjs Gubernur Sulut Dr Drs Agus Fatoni MSi bersama Forkopimda saat mengikuti Rakor Anev Pilkada Seren [ ... ]

Hut Proklamasi RI ke-74, Triana Tanamkan Jiwa Patr...
14 Aug 2019 09:09 - Redaksi

  MANADO Kabarpost.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Manado Dr Daglan Wal [ ... ]

SMKN 1 Airmadidi Gelar IHT, Punuh: Kepsek Harus Pr...
04 Jul 2020 02:06 - Redaksi

Kadis Dikda Sulut saat membuka kegiatan IHT di SMKN 1 Airmadidi.   AIRMADIDI Kabarpost.com - SMK [ ... ]

AA-RS Diarak Masuk Keluar Lorong oleh Relawan
11 Nov 2020 11:34 - Redaksi

Warga sangat antusias menyambut kedatangan AARS. (Foto.ist)   MANADO Kabarpost.com - Calon Waliko [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3
Fh unsrat