Panitia saat melakukan rapat pemantapan persiapan Kejurnas 

 

MANADO Kabarpost.com - Kejuaran Nasional (Kejurnas) Pacuan Kuda ke-52 Pordasi Seri II tahun 2018 bakal digelar di Tompaso, Minahasa-Sulawesi Utara (Sulut) pada tanggal 15, 21 dan 22 Desember 2018. 

Dikatakan Ketua Panitia Kejurnas Pacuan Kuda ke 52, Edison Humiang bahwa lomba tersebut akan memperebutkan piala Presiden RI, Joko Widodo.

“Ya, akan digelar pada tanggal 15,21 dan 22 Desember 2018 untuk babak penyisihannya,” ujarnya, Kamis (6/12/2018) disela-sela rapat pemantapan dengan para panitia. 

Lanjut kata Humiang, Kuda yang akan dipertandingkan dalam Kejurnas adalah kelas A terbuka kemudian sprint, kelas B sampai dengan F.

“Jadi ada 10 race yang akan dipertandingkan nanti dalam kejurnas,” tutur Assisten 1 Pemprov Sulut ini. 

Humiang pun sangat mengharapkan kehadiran daerah yang akan mengikuti lomba bergengsi ini. Namun ia mengatakan bahwa sampai saat ini sudah ada sembilan daerah dari Indonesia yang sudah tiba di Sulut.

“Sudah ada sembilan daerah yang tiba di Sulut dan melakukan persiapan untuk lomba diantaranya, Jawa Barat, Jawa Timur, Jogyakarta, DKI Jakarta, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan juga Sulut sendiri sebagai tuan rumah,” ungkapnya, sembari mengatakan, Sampai saat ini persiapan dari panitia sudah sampai dalam tahap pemantapan, intinya Sulut sudah sangat siap untuk menjadi tuan rumah iven bergengsi tersebut. 

Ditempat yang sama, Sekretaris Umum Panitia, Ferdinand Tumbol mengatakan, untuk jumlah peserta yang saat ini sudah berada di Tompaso berjumlah 48 joki. “Kemungkinan besar akan ketambahan peserta, karena iven akan dimulai pekan depan,” ujarnya.

Tumbol pun mengatakan, Kejurnas seperti ini membawa berkah tersendiri bagi para peternak kuda di Sulut. Karena, ada daerah yang datang tidak membawa kuda, tapi mereka akan membelinya di Sulut. “Jadi hanya joki saja yang dibawah ke Sulut kemudian kuda dibeli di Sulut,” paparnya.

Tumbol menambahkan, walaupun dalam Kejurnas Seri I yang sudah lewat Sulut pernah ketinggalan poin dengan daerah lain, namun saat ini dirinya optimis bahwa Sulut bisa memberikan yang terbaik dalam Kejurnas nanti. “Tentunya harus kerja keras dan harus optimis meraih juara. Kekompakan dan strategi saat pacuan dan dibarengi dengan latihan dan pemberian pakan serta obat-obat yang tepat sesuai dengan yang diperlukan oleh kuda. Joki juga tentunya mentalnya perlu ditingkatkan agar bisa meraih juara,” tukasnya, sembari mengatakan untuk Sulut sendiri ada 30 kontingen yang kita unggulkan, namun kami masih membuka peluang bagi kuda-kuda yang lain untuk memperkuat kontingen Sulut. 

(Ain)

Terpopuler

Tim Bridge Raewaya Group Sabet Piala Bergilir Mana...
05 Aug 2019 05:59 - Redaksi

Joune Ganda       MANADO Kabarpost.com –  Event Manado Fiesta Bridge Tournament 2019 yang  [ ... ]

Karena Miras Pria Berprofesi Ojol Ini Aniaya Pacar...
21 Oct 2019 11:43 - Redaksi

Pelaku saat ditangkap.   MANADO Kabarpost.com - Seorang lelaki berinisial NR alias Novers (28) wa [ ... ]

Wagub: Keamanan Jadi Kunci Realisasi Investasi
07 May 2018 11:37 - Redaksi

Foto bersama dalam kegiatan.    MANADO Kabarpost.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut [ ... ]

Sehan Landjar, Pemimpin Dekat Dengan Masyarakat In...
04 Oct 2019 11:01 - Redaksi

Sehan Landjar, SH.   BOLTIM kabarpost -Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) oleh Ketua D [ ... ]

Other Articles
Bank sulut
Hut kota manado
Kurban BSG