Pelayanan kesehatan gratis di Tobongon

 

 

BOLTIM Kabarpost.com - Artisanal Gold Council (AGC) yang bermitra dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Sulawesi Utara (Sulut) terus memberikan perhatian serius terhadap Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK). 

Terutama masyarakat yang tinggal di wilayah PESK. Kegiatan AGC tersebut antara lain meliputi advokasi dan pelayanan kepada masyarakat di wilayah PESK.

Salah satu implementasi programnya, AGC dan AMAN Sulut memfasilitasi kegiatan pelayanan kesehatan gratis dan pelatihan peningkatan kapasitas pengurus koperasi Perempuan Bulawan Tobongon. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu (19/01/2019) di Balai Pertemuan Umum Desa Tobongon, Kecamatan Modayag, Kabupaten  Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Kegiatan pelayanan kesehatan ditujukan pada masyarakat umum di area pertambangan Tobongon dan dilaksanakan pada pagi sampai siang hari. Dilanjutkan pelatihan peningkatan kapasitas pengurus koperasi ditujukan kepada pengurus dan anggota koperasi perempuan Bulawan Tobongon.

Pelayanan kesehatan ini meliputi konsultasi kesehatan dan pemeriksaan kesehatan gratis. Pihak AGC mengutus dr. Ratna Yuniarti, M.Kes, untuk memimpin pelayanan kesehatan ini. Dalam pelayanan ini dr. Ratna didampingi tim AMAN Sulut yang turut membantu.

Menurut dr. Ratna, warga yang dilayani di Tobongon kebanyakan mengidap penyakit yang tidak spesifik seperti di Tatelu.

"Masyarakat yang datang kebanyakan karena hipertensi. Selain itu mereka mengidap penyakit kulit seperti gatal-gatal. Beberapa diantaranya disebabkan oleh penggunaan merkuri", ungkap Ratna.

dr. Ratna juga mengatakan bahwa masyarakat yang diperiksa beragam. Mulai dari anak kecil sampai lansia. Beberapa warga hanya melakukan tensi darah. Sebagian lagi, khususnya anak kecil mengidap gatal-gatal.

Nampak warga Tobongon sangat antusias dengan pelayanan kesehatan gratis ini. Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari masyarakat.

Amelia Tamak (48 tahun), warga Tobongon, menyampaikan apresiasinya atas pelayanan kesehatan gratis.

"Kegiatan ini sangat membantu masyarakat sehingga masyarakat sudah tidak perlu lagi ke puskemas", imbuhnya.

Apresiasi turut disampaikan warga Tobongon, Rina Sinaulan (31 tahun).

"Pemeriksaan kesehatan seperti ini memang sangat dibutuhkan karena kebanyakan masyarakat mengalami kendala keuangan" tutur Sianulan.

Tim AGC dan AMAN juga memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat yang terbaring sakit di rumah.

Usai pelayanan kesehatan, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan peningkatan kapasitas pengurus koperasi perempuan Bulawan Tobongon. Sesi ini diisi oleh materi dari AGC & AMAN .

Nedine Sulu selaku Training Specialist menyampaikan materi tentang koperasi. Di sesi materinya ia menyampaikan kembali hal-hal mendasar terkait koperasi. 

"Koperasi adalah wujud persatuan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan", jelas Sulu. 

Sulu juga menyampaikan komitmen AGC & AMAN untuk terus mendampingi koperasi perempuan Bulawan Tobongon.

Pengurus Koperasi Perempuan Bulawan Tobongon menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan yang dilaksanakan AGC dan AMAN kali ini. 

"Kegiatan ini sangat bagus, karena memang sangat penting pelatihan seperti ini untuk peningkatan koperasi", ucap Ganitji Mamonto.

(Ain)

Terpopuler

Sekprov Geram ASN yang TL namun Sibuk Upload Foto ...
28 Feb 2019 12:30 - Redaksi

Edwin Silangen       MANADO Kabarpost.com - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) [ ... ]

Berikut Nama-Nama Pejabat Eselon II Yang Dilantik ...
27 Feb 2018 05:23 - Redaksi

Bupati Sangihe, Jabes E Gaghana SE ME.   SANGIHE Kabarpost.com - Roling jabatan yang ditunggu ole [ ... ]

Dikda Sulut Salurkan Bantuan Bencana Bolmut
10 Mar 2020 12:34 - Redaksi

Bantuan Bencana Bolmut yang di serahkan oleh Diksa Sulut.   MANADO Kabarpost.com - Musibah benca [ ... ]

Dikbud Boltim Catat 102 PAUD Resmi Terdaftar Izop
22 May 2019 12:43 - Redaksi

  Yusri Damopolii, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.   BOLTIM kabarpost - Dinas Pendidika [ ... ]

Other Articles