Wagub Sulut, Drs Steven OE Kandouw

 

MANADO Kabarpost.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven OE  Kandouw menegaskan agar Pemerintah Daerah (Pemda) yang memindahkan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dari Bank Sulut ke Bank BUMN jangan sampai merugikan dan bermasalah dengan hukum.


"Silahkan saja pindah, Pemprov siap membeli saham dari Pemkab. Tapi,
jangan lupa di KUHP ada kausal, menggunakan jabatan untuk merugikan negara bisa terkait dengan hukum," ujarnya saat diwawancarai sejumlah wartawan, Selasa (22/01/2019) sore.
Lanjut katanya, Bank Sulut milik Torang samua. Intinya jangan bertindak karena emosi, karena ada kepentingan, apalagi hanya ingin meloloskan calonnya sebagai direksi di Bank Sulut
"Saat ini sudah tidak ada jaminan untuk mengatur siapa saja yang bisa duduk di Bank Sulut, kalau tidak berkompeten pasti ditolak, semuanya harus melalui tes, baik dari komisaris maupun direksinya, sampai ke bawahannya harus di asesment di OJK," sambung Wagub.
Wagub pun mengungkapkan sangat disayangkan jika  mereka (Pemda) keluar dari Bank Sulut. silahkan keluar tapi dengan catatan jangan merugikan.
"Kalau keluar terus merugikan karena pinjaman ASN jadi macet, kan bahaya. Boleh pindah tapi pinjamannya harus dibayar di Bank Sulut, namanya cicilan utang harus dibayar," tegasnya.
Terkait hal tersebut juga akan ada beberapa Pemda yang akan mengikuti langkah Pemda Bolmong  ke BUMN, Wagub pun enggan mengkaitkan dengan politik.
"Tapi jika ada kaitan dengan politik itu juga berpotensi masalah baru bagi Pemda, karena ini melanggar tujuan dari adanya partai politik yang salah satu tujuan mendorong kemajuan daerah, bukan sebaliknya," katanya.
Wagub pun menilai jika tetap pemindahan terjadi, Pemprov selaku pemegang saham mayoritas bisa membeli saham yang ditinggalkan. "Saya kira itu memungkinkan, dan akan menambah PAD daerah," tandas Wagub Kandouw.
(Ain)

Terpopuler

Sejumlah Siswa SMA/SMK Ikuti Diseminasi Sekolah
19 Dec 2019 07:04 - Redaksi

Sejumlah Siswa SMA/SMK yang ikut Disemjnasi sekolah kedinasan.   MANADO Kabarpost.com - Dihadiri [ ... ]

Luar Biasa, FB Group Manado meng’CHRISTAL’ HEBAT T...
07 Jun 2018 07:42 - Redaksi

Christian Talumepa.    MANADO Kabarpost.com - Luar biasa antusias masyarakat Kota Manado yang in [ ... ]

Pangdam XIII/Merdeka Pimpin Upacara Peringatan Hao...
10 Sep 2019 09:00 - Redaksi

  Pangdam XIII/Merdeka saat  memimpin Upacara.   MANADO kabarpost.com - Pendam XIII/Mdk, Pangl [ ... ]

Olly Minta Anggota Dekot Kader PDIP Langsung 'Acti...
14 Aug 2019 15:01 - Redaksi

OD-SK saat foto bersama para Kader PDIP      MANADO Kabarpost.com - Ketua DPD PDI Perjuangan S [ ... ]

Other Articles
airmadidi
amurang