Rakor dan Sosialisasi Kebijakan UN dan Pelaksanaan BOS 2019

 

MANADO Kabarpost.com- Perencanaan, Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban itu sangat penting dalam suatu kegiatan pengelolaan keuangan terlebih bagi instansi pendidikan. Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw dihadapan 500-an peserta yang hadir pada Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Kebijakan UN dan Pelaksanaan BOS (Bantuan Operasional Sekolah) 2019 SMA/SMK/SLB/MA disertai penandatanganan MoU bersama BSG, di salah satu hotel di Manado, Senin (18/02/2019) siang.

"Rp 560 Miliar (Dana BOS) bukanlah angka yang sedikit itu adalah investasi pendidikan untuk jadi ilmu bagi anak-anak kita," terangnya

Menurutnya juga bahwa Pemprov Sulut dalam fokus dan memperjuangkan anggaran pendidikan kini naik 22,9 persen, yang sebelumnya oleh Undang-Undang hanya sampai 20 persen.

"Ini berkat pak Sekprov (Edwin Silangen) dengan memberikan dan merancang hingga bisa ada perubahan kenaikan pada anggaran pendidikan," ungkap Wagub sembari menambahkan pada pada tahun-tahun sebelumnya hanya 204 miliar yang ditanggungan pemerintah provinsi tanpa mengurangi yang ada di kabupaten Kota.

Kandouw juga sepakat dalam mendorong mutu pendidikan di Sulut, harus ada punhismen bagi tenaga pendidik/guru yang dinilai tak mampu menjalankan tupoksinya sesuai aturan.

"Nanti juga akan saya sampaikan kepada pak Gubernur harus juga ada reward bagi mereka yang bekerja dengan baik. Capaian pendidikan di Sulut, menurut hemat saya jauh panggang dari api karena kita belum masuk 10 besar malahan tahun lalu ada direngking 28 dari 35 provinsi di indonesia.  Soal kurikulum harus ditingkatkan SDM tenaga pendidik, anak didik kita lemah terlebih dalam hal matematika, IPA, bahasa inggris. ini demi berkompeten," ujarnya sembari menegaskan kembali sudah seharusnya pada tahun ini haruslah lebih baik dari tahun kemarin.

"Harus ada reward dan punishment. Nama-nama sudah dikantongi tapi pak Gubernur orangnya baik hati, nanti setelah 17 April, ingat anak-anak didik, karena kalian semua (guru/kepsek) adalah roll model," tandas Kandouw.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Sulut, Grace Punuh pada sebelumnya telah menyampaikan laporan soal Dana BOS dan juga terkait hasil belajar siswa melalui Ujian Nasional (UN) yang dinilai masih masih kurang, untuk SMA dibawah 40 persen dan SMK 60 persen.

 

Diketahui untuk penerimaan dana BOS tahun 2019 ini untuk siswa SLB sebesar Rp1,6 juta dan SMA Rp 1,4 per siswa. Yang juga pada kesempatan itu telah dilakukan penandatanganan MoU antara pihak Pemprov Sulut melalui Sekertaris Provinsi, Edwin Silangen bersama Bank Sulut Gorontalo. 

Hadir pada kesempatan itu, Ketua tim Manajemen BOS pusat Kemendiknas RI, Wahyudi, Kepala Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Sulut, AG Kawatu,

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kota, Perwakilan Kantor Agama se-Sulut, serta para Kepala Sekolah.

(Ain)

Terpopuler

Komisi II DPRD Sulut Gelar Hearing Dengan Dinas Pe...
25 Jun 2019 14:58 - Redaksi

Komisi II DPRD Sulut saat Hearing di Dinas Perkebunan.    MANADO kabarpost.com - Komisi II DPRD  [ ... ]

Bertempat di Masjid Darul-Jannah Tutuyan Dua, Pemk...
03 Sep 2019 13:03 - Redaksi

Bupati Sehan Landjar,SH menyampaikan sambutan 1 Muharam 1441.H 2019 di Masjid Darul-Janah Tutuyan II [ ... ]

Bupati Landjar Hadiri Pelantikan Pengurus BWI Bolt...
17 Oct 2019 11:11 - Redaksi

Bupati Sehan Landjar menghadiri pelantikan pengurus perwakilan BWI Boltim.

BOLTIM Kabarpost.com - B [ ... ]

Gubernur Olly Ajak Warga Bercocok Tanam, Hindari D...
14 Apr 2020 10:17 - Redaksi

Gubernur Olly saat memanen padi di sawah miliknya di Kolongan Minahasa Utara. (Foto.ist)     MA [ ... ]

Other Articles
Kpu
Kpu manado