Herling Tangkuman

 

MANADO Kabarpost.com - Longsor yang terjadi didaerah Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di lokasi Super Busa, Desa Bakan, Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolmong yang menyebabkan korban meninggal dan lainnya luka-luka pada Selasa (26/2/2019) malam, sungguh sangat memprihatinkan.

Diketahui, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey pun mengatakan akan segera melakukan verifikasi untuk diberi izin sebagai Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) di Desa Bakan.

Terkait hal tersebut, Ahli Tambang dari Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Drs Herling Tangkuman,  mengatakan dirinya sangat mendukung apa yang akan dilakukan Pemprov Sulut dalam hal ini Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang akan menjadikan pertambangan emas rakyat di Bolmong akan beralih status dan memiliki izin sebagai WPR.

"Pertama-tama, saya berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya bagi korban tertimbun longsor di pertambangan Desa Bakan. dan saya sangat mendukung Gubernur Olly untuk menjadikan daerah pertambangan rakyat di Bolmong agar mendapatkan izin resmi sebagai WPR," ungkapnya, Jumat (1/3/2019) sore.

Tangkuman pun mengatakan, sebenarnya, para penambang merupakan para pahlawan-pahlawan ekonomi daerah. Karena Sulawesi Utara beberapa dekade, walaupun pernah mengalami krisis ekonomi tapi ekonomi Sulut tetap stabil, ini adalah merupakan kontribusi dari para penambang liar ini juga.

"Sampai saat ini, pertumbuhan ekonomi di Sulut, lihat saja di Kotamobagu, banyak tempat perbelanjaan di sana sebagian besar pembelinya adalah penambang," ujar Akademisi Unsrat ini.

Ia pun mengatakan bahwa, Kotamobagu bisa menjadi daerah percontohan di Indonesia, karena selain hasil pertanian namun hasil dari pertambangan juga jalan dengan baik, jadi saling bersinergi.

Dengan kejadian yang terjadi kita bisa prediksi berapa banyak emas yang ada di Bakan. 

"Jadi cadangan primer yang ada di Desa Bakan bisa diolah hingga berpuluh tahun, tapi dengan tambang rakyat, jangan dikelolah dari luar," tukasnya sembari mengatakan, tentunya dengan menjadikan WPR, Pemerintah kiranya bisa membantu dengan teknologi yang ada, sehingga para penambang bisa terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan seperti saat ini. 

(Ain)

 

Terpopuler

Wagub Kandouw Apresiasi Masyarakat untuk Lepas dar...
22 Oct 2019 12:02 - Redaksi

Wagub Kandouw saat menghadiri acara Family Gathering dan Graduasi Mandiri KPM Program Keluarga Harap [ ... ]

Sulut Bakal Miliki Perda Pendidikan
26 May 2018 09:48 - Redaksi

Grace Punuh MKes.    MANADO Kabarpost.com - Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama dalam me [ ... ]

Kisah Guru SLB Dalam Melakukan Pembelajaran di Ten...
03 Sep 2020 07:08 - Redaksi

Dengan sabar guru ini mengajar kepada siswa SD yang tunarungu.   BITUNG Kabarpost.com - Masa pan [ ... ]

Kemendikbud RI Sosialisasi Aplikasi Rumah Belajar
06 Sep 2019 11:43 - Redaksi

Sosialisasi rumah belajar menggunakan anroid.   MANADO Kabarpost. com - Aplikasi Rumah Belajar me [ ... ]

Other Articles
Kpu
Kpu sulut baru