Selamatkan terumbuh karang, Pemprov Sulut lakukan Transplantasi karang

 

MINSEL Kabarpost.com - PT Cargill Indonesia melakukan inisiatif perbaikan ekosistem laut di Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), melalui kegiatan transplantasi karang yang melibatkan masyarakat setempat secara aktif, bersama dengan Pemerintah Provinsi Sulut melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Daerah Provinsi Sulut dan Kabupaten Minsel bersama LSM Manengkel Solidaritas.

Sebanyak 240 bibit karang jenis Genera Arcopora telah tertanam di 20 modul transplantasi. 

Dalam sambutannya, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey yang diwakili Kadis Kelautan dan Perikanan (DKP) Daerah Provinsi Sulut, Ronald Sorongan mengatakan, berterimakasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada segenap jajaran DLH Sulut yang telah   bersinergi positif dengan jajaran pemerintah Minahasa Selatan melalui DLH Minsel, PT Cargill dan LSM Manengkel dalam memprakarsai kegiatan yang bernilai penting dalam usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup. 

"Tugas kita semua untuk terus menjaga anugerah pencipta alam semesta ini, untuk generasi kini dan generasi yang akan datang," ujar Sorongan dalam kegiatan Transplantasi Karang di Desa Kapitu, Amurang Barat, Minsel, Jumat (5/4/2019) pagi.

Sorongan melanjutkan, Sudah sepatutnya kita melakukan pengelolaan lingkungan hidup dengan sebaik-baiknya secara bijaksana, mempertimbangkan fungsi ekologi, ekonomi dan sosial budaya secara berimbang. 

"Perlu diketahui, Sulut mempunyai 18.439,75 hektare luas daerah terumbuh karang, namun sangat disayangkan sebagian besar atau seluas 8.325,51 hektare diantaranya sudah mengalami proses alam dan ulah manusia sendiri," ungkapnya.

"Hal ini perlu saya utarakan karena saat ini kita menghadapi tantangan nyata dalam hal perlindungan lingkungan dan ekosistem laut dari ancaman kerusakan  masal," sambung Sorongan. 

Mulai dari pembuangan sampah sembarangan terutama sampah plastik dialiran sungai yang akhirnya bermuara ke laut. Penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan seperti masih maraknya penggunaan bom dan racun ikan yang sangat merusak ekosistem laut terutama terumbu karang. 

"Yang sedang kita upayakan untuk mengembalikan ekosistem laut yang lebih baik adalah dengan intervensi transplantasi karang sebagaimana yang kita lakukan saat ini," paparnya. Lanjut kata Sorongan, Pemerintah juga semakin bergerak cepat melakukan upaya perlindungan dan pengelolaan melalui percepatan pembangunan dengan target 20 juta hektare kawasan konservasi pesisir harus tercapai pada tahun 2020. 

Sementara itu, Kadis DLH Sulut, Ir Marly Gumalag mengatakan, melalui kegiatan ini berharap kedepannya manfaat dari transplantasi karang ini dapat dirasakan oleh masyarakat, karena dengan terciptanya ekosistem yang baik, jumlah ikan akan meningkat. 

"Program seperti ini haruslah sesering mungkin dilakukan, Karena jika dulu orientasi program hanya mengenai satu objek, artinya jika kita melakukan konservasi, kita sepenuhnya hanya memikirkan tentang dampak konservasi itu bagi objek konservasi tanpa menimbang dampak kepada manusia yang sering bersentuhan dengan objek tersebut, sehingga dibeberapa tempat sering terjadi permasalahan antara pihak pencetus dan pengelola suatu wilayah konservasi dengan masyarakat, namun program ini selain berdampak konservasi bagi lingkungan, juga memberikan dampak yang baik bagi masyarakat, seperti peningkatan jumlah ikan di areal tersebut sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat yang ada," tandasnya.

Menurut Plant Manager PT Cargill Indonesia di Amurang, Imelda Tandako, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tanggungjawab sosial perusahaan terhadap masyarakat di Kabupaten Minsel.

"Kami telah menyiapkan program jangka panjang yang tidak hanya dimulai dari memperbaiki lingkungan lautnya saja, tetapi kami akan mempersiapkan program pemberdayaan masyarakat yang mampu meningkatkan kapasitas dan peluang usaha mandiri yang terintegrasi dengan program dari pemerintah daerah," tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar, Kadis Pariwisata Sulut, Daniel Mewengkang, Kaban Bappeda Sulut, Ricky Toemandoek,Kaban Litbang Sulut, Jemmy Lampus dan tamu undangan lainnya. 

(Ain)

Terpopuler

Gubernur Instruksikan ASN Laporkan SPT Tahunan
13 Feb 2018 07:06 - Redaksi

Gubernur dan Wagub saat melaporkan SPT Tahunan   MANADO Kabarpost.com - Gubernur Sulawesi Utara ( [ ... ]

Pimpin Sertijab, Silangen Minta ASN Fokus Pertahan...
19 Feb 2018 14:05 - Redaksi

Sertijab para Pejabat Dilingkup Pemprov Sulut.    MANADO Kabarpost.com - Sekdaprov Sulawesi Utar [ ... ]

SMAN 3 Tahuna Butuh Sentuhan
06 Mar 2019 13:07 - Redaksi

SMAN 3 Tahuna.    TAHUNA Kabarpost.com - Kepala SMK N 3 tahuna, Fredrika N Sasundu SPd menutur [ ... ]

Hari Ini, BLT DD Desa Tanjung Buaya Di Serahkan Di...
19 Jun 2020 09:18 - Redaksi

Penyerahan BLT DD Desa Tanjung Buaya tahap tiga.   BOLMUT Kabarpost.com - Bantuan Langsung Tunai  [ ... ]

Other Articles
Iklan telly djangkulung