Wagub Kandouw saat memberikan sambutan di kegiatan sosialisasi penggunaan dana desa kerja sama antara IPDN dan Pemkab Mitra, Senin (8/4/2019).

 

MANADO Kabarpost.com - Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw menegaskan kepada aparat desa agar menggunakan dana desa (Dandes) dengan baik agar memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

Penegasan tersebut disampaikan Wagub saat melakukan tatap muka bersama para perangkat desa, camat serta ASN lingkup Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) dalam kegiatan sosialisasi penggunaan dana desa kerja sama antara Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Pemkab Mitra, Senin (8/4/2019) bertempat di gedung serbaguna Kantor Bupati Mitra.

"Dana desa harus memberikan manfaat ke pertumbuhan ekonomi masyarakat, dana desa jangan sebatas sambil lalu, prosesual, teatrikal sebatas menghabiskan dana saja, ada output tapi tidak ada outcome, peruntukannya harus jelas," tegas Wagub.

Para hukum tua harus pahami substansi diadakanya dana desa dimana untuk memotong alur birokrasi, agar dana tersebut dapat cepat sampai ke masyarakat, sesuaikan dengan program pembangunan Presiden RI dimana dana harus digunakan untuk kemakmuran desa.

Disisi lain Wagub mengakui efektifitas dana desa di Sulut hanya 55 persen. Idealnya adalah dana desa harus bergulir sustainable, harus jelas peruntukan dan dirasakan efeknya berjangka panjang bagi masyarakat. 

Untuk itu agar pemerintahan berjalan sukses dan penggunaan dana desa tepat sasaran para perangkat desa harus terus membenah diri untuk bersaing, Seluruh penyelenggara pemerintahan harus memberikan diri bergerak maju demi pembangunan daerah yang baik dan bersih. Para penyelenggara pemerintahan harus memiliki integritas, loyalitas dan prestasi dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kabupaten Mitra James Sumendap, Wakil Bupati, Jesaja Legi serta para ASN lingkup Pemkab Mitra.

(Ain)

Terpopuler

Pra Natal SMAN 4 Manado, Wuisan: Ciptakan Damai Da...
10 Dec 2019 14:04 - Redaksi

Dr Lilie Noula Wuisan.   MANADO Kabarpos.com - Pra Natal SMAN 4 Manado  melaksanakan ibadah men [ ... ]

Si Jago Merah Kembali Beraksi di Ibukota Boltim
02 Mar 2018 04:24 - Redaksi

Toko Ayu yang dilalap api.    TUTUYAN kabarpost.com – Setelah melahap sejumlah rumah di Desa K [ ... ]

Ketua GABSI Konsen Angkat Atlit Bridge Sulut Berpr...
27 Jul 2019 03:54 - Redaksi

Joune Ganda     MANADO Kabarpost.com - Keseriusan Joune Ganda selaku Ketua Gabungan Bridge Selu [ ... ]

Polresta Manado Gelar Sertijab
05 Nov 2019 14:00 - Redaksi

Serah terima jabatan di jajaran Polresta Manado.   MANADO Kabarpost.com - Kepolisian Resor Kota ( [ ... ]

Other Articles