Deputi Direksi Wilayah Sulutenggomalut, Anurman Huda

 

 

MANADO Kabarpost.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kedeputian Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Sulutenggomalut) menggelar Media Gathering bersama para wartawan yang tergabung dalam Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS), di Hotel Quality, Sabtu (25/05/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Direksi Wilayah Sulutenggomalut, Anurman Huda mengapresiasi para wartawan yang ada di Sulut.

"Kami akui pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) belum optimal di wilayah Sulut. Namun demikian kami sangat terbantu dengan pers, karena baik itu investigasi maupun menyampaikan berita hasil konferensi pers kami atau pun hasil inisiatif yang disampaikan, ulasan-ulasan, itu membantu sosialisasi kepada seluruh masyarakat, baik sebagai pembaca yang sudah peserta JKN KIS maupun yang belum termasuk peserta," ungkapnya.

Ia pun melanjutkan bahwa Ini menjadi suatu berkah bagi BPJS, karena dengan jumlah pegawai Sulutenggomalut ini hanya sekitar 600 orang, tidak mungkin mensosialisasi sedemikian masif kepada seluruh penduduk di Sulutenggomalut, terutama di Sulut. "Bantuan dari bapak/ibu (Pers) sangat bermakna bagi program JKN-KIS ini," ujar Anurman Huda.

Huda pun mengungkapkan bahwa perlu diketahui, Peserta JKN-KIS secara nasional sudah menembus angka 221 juta orang dan Sulut sendiri sudah 2.658.077 orang. Diwilayah Sulut sudah masuk kategori Universal Health Coverage (UHC) sudah diatas 90 persen dari total penduduk yang ada. 

"Dan ini bukan pekerjaan yang mudah, karena kalau tidak ada peran dari panggilan untuk mendaftarkan masyarakat tidak mampu diwilayahnya, maka UHC ini tidak akan mungkin tercapai," tuturnya, sembari mengatakan bahwa, UHC di Sulut sudah termasuk provinsi yang keenam. Provinsi yang pertama Aceh, kedua Gorontalo, keempat Papua Barat, kelima Kalimantan Utara dan keenam Sulut. 

"Ini perlu pengawalan dari bapak/ibu (pers) karena tidak semua peserta paham atau mendapat informasi yang jelas bagaimana mereka harus memanfaatkan kartu mereka," paparnya. 

Huda pun mengakui bahwa hal tersebut menjadi PR bagi mereka.

"Itu menjadi PR kami, karena itu kami melakukan sosialisasi intensif ke desa-desa kemudian melibatkan faskes-faskes yang ada, seluruh Puskesmas yang ada di Sulut kami mohon untuk mengedukasi peserta yang terdaftar di tempat mereka. Mau tidak mau kami pinjam tangan bapak/ibu (pers) karena terus terang  naluri membaca masyarakat kita saat ini sudah jauh lebih baik dibandingkan beberapa puluh tahun yang lalu," kata dia lagi.

Huda pun menambahkan bahwa hal tersebut menjadi bermanfaat bagi peserta. 

Kami sangat merasa terbantu dengan media karena sering klarifikasi terlebih dahulu, tentunya ini sangat membantu kami untuk lebih berbenah. 

"Mudah-mudahan kegiatan pada hari ini bisa bermanfaat dan kita bisa bersinergi untuk kedepan dengan koordinasi yang lebih baik," tandas Huda.

Hadir dalam kesempatan tersebut dan menjadi Nara Sumber, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Manado, dr Prabowo Mkes dan dr Nenny Anggraeny Tubagus.

Kegiatan media gathering pun diisi dengan pembagian door prize dan selanjutnya buka puasa bersama.

(Ain)

 

Terpopuler

Komisi Yudisial RI Paparkan Materi Beretika Pada M...
03 Oct 2019 16:46 - Redaksi

Komisi Yudisial RI saat memberikan kuliah umum.   MANADO Kabarpost.com - Hidup dengan beretika di [ ... ]

Guru di Manado Tak “Bertaring”
28 May 2019 10:31 - Redaksi

Dikbud Manado.   MANADO Kabarpost.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Dr Dagla [ ... ]

Motornya Hilang, Nixon Mengadu di Mapolresta Manad...
24 Jul 2019 13:21 - Redaksi

Ilustrasi.   MANADO kabarpost.com - Lagi - lagi kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ter [ ... ]

Sarah Ingin Jadi Akuntan
07 May 2018 14:22 - Redaksi

Sarah Anastasya Putri Nusa.    MANADO Kabarpost.com - Keberhasilan yang diraih Sarah Anastasya P [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3
Fh unsrat