Sulut Corruption Watch (SCW) saat demo didepan KPK tahun 2017 silam.

 

MINUT Kabarpost.com - Untuk selesaikan masalah hukum atas kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam proyek pemecah ombak di Desa Likupang pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) tahun 2016 silam, yang merugikan negara sebanyak 8.8 Miliar. Bupati Minut Vonny Aneke Panambunan (VAP) pun didesak SCW untuk mundur dari jabatannya.

Ketua Sulut Corruption Watch (SCW) Novie Ngangi mengatakan, Kami minta VAP mundur dari jabatannya, supaya fokus pada masalah yang dihadapi saat ini. Kasus ini juga sudah pernah dilaporkan SCW ke KPK tahun 2017 silam, dengan maksud agar diambil alih oleh KPK.

"Karena kami anggap Kejati Sulut saat itu takut mengungkap kasus yang melibatkan orang nomor 1 dibumi Klabat ini," ungkap Ngangi, Senin (10/06/2019).

Lanjut dikatakan Ngangi, Fakta yang tersaji dalam persidangan dan kemudian tertuang dalam putusan masing-masing terdakwa yakni Rosa, Steven, Robby dan Junjungan Tambunan telah terlihat peran VAP selaku intelectual dader atau pelaku intelektual. 

"Keterlibatan VAP dalam kasus tersebut dengan bersandar pada putusan banding dari berkas perkara dr. Rosa Tidajoh dan salinan putusan Pengadilan Negeri Manado kelas I A nmr :4 /Pid.Pra/2019/PN. Mnd tgl 8 April 2019," terangnya.

"Menimbang oleh karena ada uang yang diterima tunai oleh VAP dari terdakwa Rosa Tidajoh sebesar Rp. 6.745.468.182 termasuk yang diantar ke Jakarta maka tidak adīl jika kerugian Negara seluruhnya dibebankan kepada terdakwa. Oleh karena itu, layak dan patut VAP dan pihak terkait diminta pertanggungjawabannya," tukas Ngangi.

(timkabarpost.com)

Terpopuler

Wagub Kandouw Ingatkan Pentingnya Kualitas Iman
04 Apr 2021 14:19 - Redaksi

Wagub Kandouw saat beribadah Paskah sekaligus HUT ke-30 Jemaat GMIM Panggumaan Kiniar Wilayah Tondan [ ... ]

Koordinasi dengan Kemenlu dan Dubes RI, Gubernur O...
30 Jan 2020 14:15 - Redaksi

Olly Dondokambey     MANADO Kabarpost.com - Wabah virus Corona menjadi penyakit yang sangat dit [ ... ]

ADVETORIAL: Gubernur Olly Luncurkan Buku “Mengawal...
02 Jun 2018 04:51 - Redaksi

Olly Dondokambey.   MINAHASA Kabarpost.com - Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey meluncurka [ ... ]

Timsus Maleo Ringkus Pelaku Penganiayaan
21 Aug 2020 14:15 - Redaksi

Pelaku yang ditangkap.   MANADO Kabarpost.com - Tim khusus (Timsus) Maleo Polda Sulut, berhasil m [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah