Rakor) TP PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Sulut, di Hotel Aston, Kamis (16/10/2019). (Foto.Ain)

 

 

MANADO Kabarpost.com - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) TP PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se Provinsi Sulut, di Hotel Aston, Kamis (16/10/2019).

Rakor dihadiri seluruh pengurus organisasi PKK dari 15 kabupaten/kota di Sulut.

Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey mengatakan, tujuan Rakor adalah untuk memastikan bahwa perencanaan dan realisasi program daerah telah selaras dengan prioritas program dan kegiatan secara nasional.

“Miliki nilai tambah di ajang evaluasi ini, manfaatkanlah forum untuk bertukar informasi untuk pengembangan PKK yang lebih baik ke depan,” katanya 

Terkait program daerah, TP PKK provinsi dan kabupaten/kota, tambah Rita, telah memberikan perhatian dan kontribusi untuk membangun daerah.

Bahkan PKK juga telah mendukung kemajuan pembangunan hingga di desa.

“TP PKK juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan hingga di desa. Oleh karena itu siapkan kader PKK sebaik-baiknya. Terutama dari sisi pengelolaan melalui gerakan PKK,” tukasnya.

Rita juga menyampaikan terima kasih atas peran pengurus dan anggota PKK yang sudah ikut terlibat dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan TP PKK Provinsi Sulut.

“Terima kasih kepada kabupaten/kota yang sudah berperan aktif dalam kegiatan lomba-lomba yang telah dilaksanakan. Kiranya hal ini akan lebih ditingkatkan lagi ke depannya,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sulut, Edison Humiang mengatakan bahwa peran TP PKK sangat besar dalam pembangunan daerah.

“Dalam menapaki proses pembangunan, setiap progress yang dicapai merupakan kerja keras dari semua komponen bangsa, termasuk di dalamnya TP PKK yang sampai saat ini tetap konsisten menjadi mitra kerja pemerintah daerah,” kata Humiang.

Pembangunan daerah yang dinamis,  terlebih di tengah tuntutan zaman, sambung Humiang tetap membutuhkan peran PKK.

“Mutlak bagi PKK untuk terus berbenah diri dan mengembangkan kualitas serta kapasitas kerja,” ujarnya.

Langkah strategis dalam pengembangan program prioritas pemerintah, TP PKK diharapkan fokus pada program konstrukstif yang mencakup pengentasan kemiskinan, pengurangan kengangguran hingga peningkatan UKM dan IKM serta pemberdayaan pangan, hidup bersih dan sehat.

“Ke depan pembangunan tidak hanya fokus pada infrastruktur tetapi lebih kepada pembangunan SDM. Karena itu PKK mari bersama optimalkan ide dan gagasan dan berbagi informasi yang konstruktif,” sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulut, Roy Mewoh mengatakan rapat koordinasi TP PK akan lebih memantapkan program kerja TP PKK serta menyatukan persepsi.

“Melalui rapat koordinasi ini, kiranya  dapat mengkoordonasikan dan mensinergikan program yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat serta program OD-SK (Operasikan Daerah Selesaikan Kemiskinan),” kata Mewoh.

Mewoh juga mengajak seluruh peserta rakor untuk melihat peran tata organisasi di setiap kabupaten/kota dan provinsi yang di dalamnya ada struktur organisasi.

“Tujuan rakor ini adalah untuk meningkatkan wawasan TP PKK dan terlaksananya semua program serta peran struktur organisasi hingga pokja yang ada,” tandas Mewoh.

(Ain)

Terpopuler

Buron 7 Bulan, Pelaku Penikaman Ini Ditangkap
06 Jan 2020 14:07 - Redaksi

Pelaku yang ditangkap.   MANADO Kabarpost.com  - Setelah sempat buron hampir 7 bulan dengan kasu [ ... ]

Kapolres Minsel Kunjungi PLTU dan Sejumlah Objek V...
01 Sep 2020 04:25 - Redaksi

Kunjungan kerja Kapolres Minsel ke PLTU.   MINSEL Kabarpost.com - Kapolres Minahasa Selatan AKBP [ ... ]

Distanak Sulut Sebar Benih Padi di 15 Kabupaten/Ko...
29 Aug 2018 13:14 - Redaksi

Novly Wowiling.    MANADO Kabarpost.com - Jika sebelumnya Dinas Pertanian dan Peternakan (Distan [ ... ]

Gubernur Ajak Semua Pihak Bersinergi untuk Sulut y...
16 Apr 2018 02:02 - Redaksi

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey saat menghadiri Ibadah Paskah di Lembean Kombi, Minahasa. (Foto:ist [ ... ]

Other Articles