Foto bersama dalam kegiatan

 

 

MANADO Kabarpost.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Bimbingan Teknis Perencanaan Tenaga Kerja Kabupaten/Kota se Provinsi Sulut Tahun 2019, Kamis (7/11/2019) siang di salah satu hotel. 

Mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdaprov Sulut Muhamad Rudy Mokoginta mengatakan, menjadi harapan, kegiatan Bimtek ini akan semakin memampukan dan mensinergikan langkah kita dalam berkarya dan bekerja sesuai dengan ruang lingkup tugas, fungsi serta tanggungjawab, sekaligus akan meningkatkan sinergitas kerja kira kedepannya. 

Mokoginta melanjutkan, Masalah utama ketenagakerjaan diantaranya adalah, masih besarnya angka pengangguran di Sulut sendiri, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) bulan Agustus 2019, jumlah pengangguran di Sulut sebanyak 75.485 orang (mengalami penurunan dibandingkan Agustus 2018 sebesar 80.664 orang). Dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 6,25 persen ( menurun dari TPT pda Agustus 2018 sebesar 6,86 persen. 

“Walaupun harus diakui bahwa dari tahun ke tahun angka pengangguran di Sulut mengalami penurunan yang signifikan, serta masalah ketenagakerjaan lainnya, seperti rendahnya kualitas angkatan kerja, rendahnya produktivitas kerja, kurangnya kesempatan kerja dan rendahnya kesejahteraan pekerja, sehingga bersifat multi dimensional antara berbagai faktor, baik ekonomi, sosial dan lainnya,” ujarnya. 

Oleh karena itu lanjut Mokoginta, dibutuhkan kebijakan yang konprehensif dan multi dimensi. 

“Untuk itu maka diperlukan suatu perencanaan tenaga kerja yang dapat dijadikan acuan oleh seluruh pemangku kepentingan di Provinsi Sulut,” ucapnya.

Ia berharap, Pelaksanaan Bimtek penyusunan rencana tenaga kerja kabupaten/kota se Provinsi Sulut tahun 2019 saat ini merupakan wadah tepat, penting dan strategis untuk dapat membekali diri dengan pengetahuan dan wawasan mengenai bagaimana cara menyusun perencanaan tenaga kerja daerah untuk skala kabupaten/kota yang baik dan benar sesuai amanat undang-undang. 

“Sehingga dasar pembangunan yang berpihak pada penciptaan kesempatan kerja sudah semakin jelas dan terarah, khusunya dalam menghadapi masalah pengangguran,penciptaan kesempatan kerja, peningkatan produktivitas dan kesejahteraan pekerja pada tingkat nasional maupun daerah,” tukas Mokoginta, sembari berharap, Bimtek ini dapat turut dijadikan sebagai wahana untuk berkolaborasi serta memantapkan tekad dan komitmen untuk nantinya dapat senantiasa bersama-sama, bersinergi secara positif dan bergandengan tangan mengimplementasikan program pembangunan ketenagakerjaan, guna mengurangi angka pengangguran di Sulut.

Sementara itu, Kadisnakertrans Sulut, Ernie Tumundo melalui Sekdisnakertrans Sulut Imanuel Makahanap saat membacakan laporan kegiatan mengatakan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya Bimtek Penyusunan Rencana Tenaga Kerja Kabupaten/Kota dalam wilayah Provinsi Sulut tahun 2019 adalah agar ASN yang ada di Dinas yang membidangi Ketenagakerjaan Sulut mampu menyusun perencanaan tenaga kerja sebagai acuan dan pedoman pembangunan ketenagakerjaan didaerah atau sektoral yang berisi gambaran tenaga kerja yang tersedia dimasa mendatang.

“Gambaran tenaga kerja yang dibutuhkan oleh aktivitas ekonomi dimasa mendatang, rekomendasi kebijakan dan program terkait masalah ketenagakerjaan sehingga mempermudah pelaksanaan pembangunan ketenagakerjaan yang meliputi, perluasan kesempatan kerja, peningkatan pendayagunaan tenaga kerja, peningkatan kualitas tenaga kerja, peningkatan produktivitas tenaga kerja dan peningkatan perlindungan dan kesejahteraan pekerja,” paparnya.

Diketahui, peserta adalah, pejabat struktural dilingkungan Disnakertrans Provinsi Sulut, pegawai fungsional, dewan pengupahan Sulut, BPJS Ketenagakerjaan Sulut, BPJS Kesehatan, PPTKIS, Lembaga Pelatihan Kerja Khusus Magang.

Mengahdirkan nara sumber diantaranya, Kepala Pusat Perencanaan Ketenagakerjaan Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan RI Yuli Adiratna, Kepala Sub Bidang Perencanaan Ketenagakerjaan Perusahaan Negara Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan Kementrian Ketenagakerjaan RI, Kadisnaker Provinsi Sulut Ernie Tumundo, Kepala BPS Sulut, Kepala BP3TKI Manado, Kepala Bidang Hubungan Hukum Pertanahan Kanwil Badan Pertanahan Nasional Sulut.

(Ain)

Terpopuler

Pelaksanaan UNBK, Pejabat Pemkot Cuek
23 Apr 2018 04:51 - Redaksi

Dra Jean Rey,MPd.    MANADO Kabarpost.com - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  [ ... ]

Disdukcapil Boltim Distribusikan 800 e-KTP
25 Mar 2019 10:17 - Redaksi

Rusmin Mokoagow.   BOLTIM kabarpost.com - Sejumlah 800 kepingan Elektronik Kartu Tanda Penduduk ( [ ... ]

The Lagoon Hotel Rayakan HUT RI ke-74 Dengan Berba...
19 Aug 2019 16:45 - Redaksi

Berbagai lomba dilakukan saat HUT RI.   MANADO kabarpost.com - Hotel Best Western The Lagoon yang [ ... ]

Pembuatan TPA Regional Didesak Komisi III dalam Si...
16 Nov 2017 00:29 - Redaksi

Manado, Kp - Dalam rapat sinkronisasi hasil pembahasan Rancangan Anggran Pendapatan Belanja Daerah ( [ ... ]

Other Articles