Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw.

 

MANADO Kabarpost.com - Tak terasa Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw telah memasuki empat tahun kepemimpinan, berbagai terobosan pun telah dilakukan duet spektakuler ini demi Sulut yang makin maju dan Hebat.

 

Ini dia laporan kepada rakyat atas empat tahun kepemimpinan ODSK dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Daerah Provinsi Sulut. 

 

Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Utara melalui Program Pengembangan Kinerja Pengelolaan Persampahan, adanya Bantuan Gubernur yang diserahkan ke Kab/Kota berupa 21 Truk Sampah, 2 Mesin Pencacah Plastik, 1 Motor Sampah serta 4 Mesin Pencacah Eceng Gondok, yang diserahkan kepada :

 

 

1. Penyerahan Bantuan Gubernur 21 Truk Pengangkut Sampah

Dalam rangka meminimalisir timbulan sampah di Provinsi Sulawesi Utara, adanya bantuan Gubernur berupa 21 Truk Pengangkut Sampah kepada 7 Kabupaten/Kota, terdiri atas :

 

NO KAB/KOTA JUMLAH UNIT

1 Kota Manado : 5 unit Dump Truck

2 Kota Bitung : 4 unit Armroll

3 Kota Tomohon : 2 unit Armroll

4 Kab. Minut : 4 unit Armroll

5 Kab. Minsel : 2 unit Armroll

6 Kab. Bolmut : 2 unit Armroll

7 Kab. Boltim : 2 unit Armroll

 

2. Penyerahan 2 Unit Mesin Pencacah Sampah Plastik dan 1 Motor Sampah

Dalam rangka meminimalisir volume sampah yang menjadi salah satu masalah dalam pengelolaan kawasan Taman Laut Bunaken dan Wilayah Pesisir dan Laut pada umumnya serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bisnis pengelolaan sampah, maka dilaksanakan pengadaan teknologi berupa mesin pencacah sampah plastik dan motor sampah. Penyerahan 2 unit mesin pencacah sampah plastik dan 1 motor sampah kepada kelompok masyarakat, terdiri atas :

 

 

NO KOTA MANADO JUMLAH

1 Kelompok Bank Sampah “Singkanaung” Kelurahan Manado Tua I Kecamatan Bunaken Kepulauan Kota Manado 1 unit

2 Kelompok Bank Sampah “Blessing” Kelurahan Manado Tua II Kecamatan Bunaken Kepulauan Kota Manado 1 unit

3 Kelompok Bank Sampah “Brits” Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kepulauan Kota Manado 1 unit

 

3. Penyerahan 4 Unit Mesin Pencacah Eceng Gondok

Dalam rangka penanganan eceng gondok yang telah menimbulkan masalah di Danau Tondano karena petumbuhannya yang sangat cepat dan tidak terkendali yang menyebabkan pendangkalan danau, maka diperlukan teknologi yang ramah lingkungan berupa mesin pencacah eceng gondok. Kegiatan penanganan ini bertujuan untuk melestarikan danau Tondano dari ancaman sedimentasi akibat tingginya populasi eceng gondok yang dianggap sebagai tanaman pengganggu (gulma) yang dapat dijadikan bahan baku pembuat pupuk organik (kompos) sehingga lewat program ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat perekonomian warga yang bermukim dekat Danau Tondano. Adapun mesin pencacah eceng gondok sebanyak 4 unit untuk diserahkan kepada masyarakat di 4 Desa yang berada di Kec. Eris Kab. Minahasa, terdiri atas :

 

NO DESA PENERIMA JUMLAH

1 Desa Eris Kec. Eris 1 unit

2 Desa Watumea Kec. Eris 1 unit

3 Desa Toliang Oki Kec. Eris 1 unit

4 Desa Tandengan Kec. Eris 1 unit

 

 

(Pelantikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey oleh Presiden RI Joko Widodo)

 

4. Penghargaan Adiwiyata Mandiri Tahun 2017

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam mewujudkan Misi ke-2 Pemerintahan OD-SK yaitu memantapkan pembangunan sumber daya manusia yang berkepribadian dan berdaya saing maka Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Utara telah berhasil melakukan pembinaan dan penilaian karakter sejak dini mengenai perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup terhadap anak-anak sekolah baik di tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) melalui program kegiatan Adiwiyata (Sekolah Perprilaku dan Berbudaya Lingkungan Hidup). Pada tahun 2017 terdapat 1 sekolah yang mendapatkan penghargaan tertinggi Adiwiyata Mandiri yaitu SDN 2 Amurang.

TAHUN 2018

 

Program Unggulan Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Utara di Tahun 2018, yaitu :

 

1. Program Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam

Tahun 2018 Provinsi Sulawesi Utara dipercayakan menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang dilaksanakan di Taman Wisata Alam (TWA) Batu Putih Tangkoko Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara dengan rangkaian kegiatan meliputi : 1) Pelepasliaran Penyu, 2) Penanaman Mangrove, 3.) Lomba Foto Konservasi, 4) Acara Puncak HKAN yang dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, serta Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

• Gubernur Sulawesi Utara mendapatkan Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas “ PERAN AKTIF DALAM PENGUATAN FUNGSI PENGELOLAAN TAMAN NASIONAL BUNAKEN DAN MELAKSANAKAN KONSERVASI JENIS EX-SITU JALAK BALI DAN RUSA TUTUL”

Target Kinerja dan Hasil Capaian Kegiatan Konservasi ini adalah telah dilaksanakan Pelepasan 1000 Penyu bertempat di Pantai Ranowangko (PANTERA) Desa Ranowangko II Kecamatan Kombi Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara dan Penanaman Pohon Mangrove di Desa Bahoi Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara. Hal ini agar terjadi keseimbangan alam yang harmonis melalui terwujudnya jumlah mata air yang terpulihkan ekosistemnya.

Inovasi : Keteladanan dan aksi nyata dari pemerintah, para pimpinan/pejabat penggiat sehingga konservasi alam menjadi bagian dari sikap dan perilaku seharian dengan memberlakukan alam sebagaimana memperlakukan diri sendiri.

Kendala :  Banyaknya pemanfaatan sumber daya alam untuk kehidupan yang tidak menjaga kelestariannya sehingga menyebabkan kerusakan dan kepunahan.

Solusi : Terkait dengan kegiatan HKAN 2018, meningkatkan kesadartahuan pentingnya upaya konservasi alam dan penyebarluasan gerakan konservasi alam melalui civil society yang kuat dengan dukungan media, pelaku usaha, lembaga swadaya masyarakat dan masyarakat luas.

2. Penyerahan 3 Unit Mesin Pencacah Eceng Gondok di 3 Desa               Kec. Remboken, terdiri atas :

 

NO DESA PENERIMA JUMLAH

1 Desa Kaima 1 unit Mesin Pencacah Eceng Gondok

2 Desa Leleko 1 unit Mesin Pencacah Eceng Gondok

3 Desa Sinuian 1 unit Mesin Pencacah Eceng Gondok

  

3. Penyerahan 4 Unit Mesin Pencacah Plastik

   Pada tahun 2018, telah diserahkan 4 Unit Mesin Pencacah Plastik di 2 Desa Kec. Eris dan 1 Desa di Kec. Kawangkoan Utara Kab. Minahasa serta 1 Desa Kec. Tutuyan Kab. Bolaang Timur, terdiri atas :

 

 

NO KAB. MINAHASA JUMLAH

1 Kelompok Bank Sampah”Pencinta Lingkungan” desa Touliang OKI Kec. Eris Kab. Minahasa 1 unit

2 Kelompok Bank Sampah “Peduli Hijau” Desa Kembuan Kec. Eris Kab. Minahasa 1 unit

3 Kelompok Bank Sampah “Lestari Alamku” Desa Talikuran Barat Kec. Kawangkoan Utara Kab. Minahasa 1 unit

KAB. BOLTIM

4 Kelompok Bank Sampah “Penebulan” Desa Tutuyan 2 Kec. Tutuyan Kab. Bolaang Mongondow Timur 1 unit

 

 4.   Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mendapat Penghargaan Adipura

 

Program Adipura bertujuan untuk Mendorong Kepemimpinan Pemerintah Kabupaten/Kota dan Membangun Partisipasi Aktif Masyarakat serta Dunia Usaha dengan Pemberian Penghargaan ADIPURA untuk mewujudkan wilayah yang berkelanjutan, secara Ekologis, Sosial dan Ekonomi.

 

Ada 9 Kota di Provinsi Sulawesi Utara yang mengikuti Penilaian Adipura yaitu:

1. Kota Manado

2. Kota Bitung

3. Kota Tomohon

4. Kota Kotamobagu

5. Kota Tondano (Kab. Minahasa)

6. Kota Airmadidi (Kab. Minahasa Utara)

7. Kota Amurang (Kab. Minahasa Selatan)

8. Kota Tahuna (Kab. Kepl. Sangihe)

9. Kota Ratahan (Kab. Minahasa Tenggara)

 

Pada tanggal 14 Januari 2019, Wakil Presiden Bpk. Jusuf Kalla didampingi Menteri LHK RI, Ibu Siti Nurbaya Bakar menyerahkan Piala Adipura kepada Walikota Bitung untuk kategori Kota Sedang, dan Kepada Walikota Kota Kotamobagu serta Bupati Kepulauan Sangihe untuk kategori Kota Kecil.

5. Tahun 2018, Penghargaan Tertinggi Adiwiyata Mandiri

Penghargaan Adipura dan Adiwiyata diperoleh atas Peran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam Pembinaan sehingga ada 3 (tiga) Kabupaten/Kota memperoleh Penghargaan Adipura serta 15 Sekolah memperoleh Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi dan 1 Sekolah memperoleh Penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Presiden RI yaitu SDN 2 Kota Kotamobagu.

 

TAHUN 2019

 

Program Unggulan Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Utara di Tahun 2019, yaitu :

 

1. Kegiatan Penanganan Eceng Gondok di Danau Tondano

Dalam menekan laju pertumbuhan eceng gondok dan membuat pupuk organik dari bahan baku eceng gondok di danau Tondano, maka pada tahun 2019 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan bantuan 1 unit mesin Pencacah Eceng Gondok di Desa Sinuian Kec. Remboken serta pembinaan dilakukan kepada 3 kelompok binaan.

 

2. Pemberian Bantuan 3 Motor Sampah kepada Pemerintah Kepl. Sangihe

 

Pada tahun 2019, Gubernur Sulawesi Utara lewat SK Nomor. 83 Tahun 2019 menyerahkan bantuan 3 (tiga) unit motor sampah kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, untuk menunjang program Pengelolaan Sampah khususnya pengangkutan sampah di Kota Tahuna.

 

3. Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019

 

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 di Provinsi Sulawesi Utara dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2019. Tema “Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai” mengambil sub Tema “Bersih Sampah di Laut untuk Kenyamanan Masyarakat”.

 

Acara puncak peringatan HPSN 2019 berupa apel siaga dilaksanakan di Lokasi Pohon Kasih Kawasan Megamas Manado. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Utara, Bpk. Olly Dondokambey, SE, dihadiri oleh Ketua Bhayangkari RI yang sekaligus sebagai Ketua WASI, Pembina Laut Bersih, Laut Indah dan pecinta lingkungan, Ibu Tri Suswati Tito Karnavian, Forkopimda, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota serta semua OPD Pemprov Sulut serta ASN dan THL, Siswa, Mahasiswa, LSM dan Masyarakat Peduli Lingkungan. Dalam acara ini ditandatangani Deklarasi “Mewujudkan Laut Bersih, Laut Indah, menuju Indonesia Bersih”.

 

Setelah acara puncak selesai, peserta Apel yang diperkirakan lebih dari 5000 orang melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di 5 lokasi yaitu:

1. Lokasi acara puncak di Pohon Kasih Kawasan Megamas baik sampah di darat mulai dari Mantos, Outlet Sungai Sario dan Kawasan Megamas sendiri juga dari 10 spot penyelaman di depan lokasi pohon kasih;

2. Kawasan Pantai Malalayang;

3. Kawasan Bahu mulai dari Sungai Bahu sampai dengan Kawasan Bahu Mall;

4. Kawasan Muara Sungai Tondano, Kali Jengki sampai dengan sekitaran pantai sindulang;

5. Pantai Bunaken.

Dari kegiatan bersih-bersih pantai dan laut ini diangkat sekitar 8 ton sampah dengan perincian sebagai berikut:

 

 

Lokasi Bersih-Bersih Total Sampah Diangkat Sampah Plastik

Lokasi I 1.860 Kg 359 Kg

Lokasi II 2.375 Kg 458 Kg

Lokasi III 1.640 Kg 335 Kg

Lokasi IV 1.228 Kg 256 Kg

Lokasi V 957,5 Kg 766 Kg

Total 8.060,5 Kg 2.174 Kg

 

4. Penghargaan Kalpataru Tahun 2019

 

Pemberian penghargaan Kalpataru merupakan salah satu upaya peningkatan peran masyarakat dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. penghargaan diberikan bagi masyarakat yang telah melakukan usaha luar biasa dalam merintis, mengabdi, menyelamatkan dan membina lingkungan hidup.

 

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Lingkungan Hidup Daerah telah mengirimkan Bapak Marsidi Kadengkang untuk diikutkan sebagai peserta penerima penghargaan Kalpataru tahun 2019 dengan kategori Perintis Lingkungan dan masuk sebagai Nominasi Penghargaan Kalpataru.

 

Bapak Marsidi Kadengkang yang beralamat di Desa Mengkang, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara ini menjadi inisiator pemenuhan tenaga listrik secara mandiri di desanya dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) dengan memanfaatkan air dari hutan lindung Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

 

(Pembangunan Waduk Kuwil)

 

Selain membangun PLTMH, Bpk. Marsidi juga melakukan penanaman di daerah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone untuk menjaga debit air beserta kawasan hutannya, mendorong masyarakat dalam pembuatan irigasi persawahan dan mendirikan museum alat-alat kuno budaya adat Bolaang Mongondow.

 

Bapak Marsidi Kadengkang mendapat penghargaan berupa Piagam dan Plakat Kalpataru sebagai Nominator Penghargaan Kalpataru Tahun 2019 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

 

5. Tahun 2019, Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional

Penghargaan Adiwiyata diperoleh atas Peran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam Pembinaan Sekolah yang Berperilaku dan Berbudaya Lingkungan, sehingga ada 2 (dua) Kabupaten/Kota memperoleh Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional yang diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Ibu Siti Nurbaya kepada SDN 1 Motoboi Kecil, Kab. Kotamobagu dan SMPN 1 Lirung, Kab. Kepl. Talaud.

6.   Pemprov Sulut Kembangkan Sistem Informasi Pemantauan Kualitas Air Sungai Berbasis Onlimo GSM (online monitoring global system for mobile comunication)

 

ONLIMO adalah kependekan dari Online Monitoring, yaitu sistem pemantauan kualitas air secara online dan realtime menggunakan unit sensor yang terintegrasi dengan unit data logger, unit transmisi data atau media komunikasi data, dan sistem database untuk pengelolaan data pemantauan. Onlimo dapat diterapkan untuk pemantauan kualitas air di sungai, di perairan laut atau untuk memantau air limbah di suatu kawasan industri.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui Penjabaran Visi dan Misi OD – SK, Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Utara dalam penerapan kebijakan pengendalian pencemaran air, secara reguler telah melakukan pemantauan kualitas air sungai setiap tahun 2 (dua) kali mewakili musim penghujan dan kemarau.

Sejak Desember 2019 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara telah mengembangkan sistem pemantauan kualitas air sungai berbasis onlimo GSM dan akan memulai pemantauan kualitas air sungai dengan sistem ini di tahun 2020 di Sungai Tondano tepatnya di Pintu Air PLTA Tonsea Lama Kabupaten Minahasa.

 

7. Pemprov. Sulut di bawah Kepemimpinan OD-SK, 3 Perusahaan Meraih Anugerah PROPER Kategori HIJAU

 

Pada Rabu 8 Januari 2020, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia melaksanakan penyerahan Anugerah PROPER 2019 terhadap 200 perusahaan,  penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, di Istana Wakil Presiden.

 

Anugerah PROPER adalah apresiasi pemerintah terhadap perusahaan dalam menaati semua peraturan dibidang lingkungan hidup sekaligus PROPER juga mendokumentasikan berbagai inovasi dunia usaha untuk meningkatkan efisiensi energi,  efisiensi penggunaan air, upaya penurunan emisi, upaya  penurunan beban air limbah, penerapan reduce, reuse dan recycle limbah B3 dan non B3.

 

Secara Nasional tercatat 794 inovasi yang meningkat 46% dari tahun sebelumnya. Bahkan jika diukur dari tahun 2015 dimana kriteria inovasi mulai diperkenalkan dalam Proper, jumlah ini meningkat rata-rata 52% per tahun. Bahkan 94 inovasi telah memperoleh hak paten. Inovasi ini mampu menghemat anggaran sebesar Rp 192,63 triliun. Selain itu, Proper juga berhasil mendorong perusahaan melakukan program CSR yang menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat dengan dana yang bergulir di masyarakat mencapai Rp 22, 87 triliun. Jika program-program tersebut dikaitkan dengan upaya pencapaian Sustainable Development Goals, maka sumbangsih dunia usaha untuk menjawab tujuan SDGs tahun ini tercatat Rp. 50,32 Trilyun, atau naik 30,10 % dibanding tahun sebelumnya.

 

Penilaian PROPER Sulawesi Utara tahun 2019 dilakukan terhadap 27 perusahaan usaha skala menengah hingga besar, kepemilikan BUMN, lokal, maupun modal asing. Penilaian dilakukan terhadap kinerja pengelolaan lingkungan periode bulan Juli 2018 hingga Juni 2019, menghasilkan 3 PROPER Hijau, dan 19 PROPER Biru, sisanya masih perlu peningkatan ketaatan pengelolaan lingkungan hidup dan adanya perbaikan Instalasi Pengolahan Air Limbah serta perusahaan tidak beroperasi.

Ketiga PROPER HIJAU diberikan kepada : PT. Pertamina Geothermal Energy Area Lahendong, PT. Tirta Investama Airmadidi dan PT. Pertamina MOR VII TBBM Bitung. Hasil ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya meraih 1 hijau yakni PT. Pertamina MOR VII TBBM Bitung.

(Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan Waduk kuwil)

DINAS PEKERJAAN UMUM dan PENATAAN RUANG DAERAH PROVINSI SULUT (PUPR)

 

Capaian Bidang Bina Marga : 

 

PANJANG RUAS JALAN PROVINSI =  926,737 Km  (Sesuai SK Gubernur No 135 Tahun 2018) yang terdiri dari 61 (enam puluh satu) ruas jalan yang tersebar di Provinsi Sulawesi Utara

 

KONDISI RUAS JALAN

 

KONDISI MANTAP (Baik + Sedang) = 79,50 % (736,75 Km)

 

KONDISI RUSAK RINGAN                = 9,73 % (90,13 Km)

 

KONDISI RUSAK BERAT                   = 10,77 % (99,85 Km)

 

 

Capaian Bidang Cipta Karya : 

INFORMASI PROGRES BIDANG CIPTA KARYA :

1.Terlaksananya peningkatan jumlah SR (Sambungan Rumah ) SPAM melalui peningkatan SPAM Apela Bitung.

2.Tersedianya data dan informasi SPAM di Kab/Kota Provinsi Sulawesi Utara.

3.Terlaksananya pembangunan dan pengembangan sistem drainase di Provinsi Sulawesi Utara yaitu pada drainase KSP Koridor Bitung – Kema – Airmadidi di kecamatan Airmadidi dan di kecamatan Kema.

4.Terlaksananya penyelenggaraan, pengaturan, pembinaan dan pengawasan Sistem Persampahan Regional di Provinsi Sulawesi Utara, yaitu melalui Amdal TPA Regional.

5.Terlaksananya peningkatan kualitas permukiman di Kawasan Strategis Daerah Provinsi serta lintas daerah kab//kota, melalui fasilitas penunjang pariwisata di Pulau Lembeh, Pulau Lembeh 2, Desa Kumelembuay, dan pembangunan hanggar mesin enceng gondok.

6.Tersedianya dokumen pembangunan infrastuktur pada permukiman di Kawasan Strategis Daerah Provinsi, yaitu melalui DED Bunaken – Siladen – Manado Tua, dan Penataan Kawasan Tampusu.

7.Terpenuhinya standar pedoman penyelenggaraan bangunan gedung untuk kepentingan.

 

Capaian Bidang Sumber Daya Air : 

INFORMASI PROGRES BIDANG SUMBER DAYA AIR S/D AKHIR 2019 :

 

1.BENDUNGAN KUWIL   :    73,5%

2.BENDUNGAN LOLAK    :    68,5%

3.REHABILITASI DAERAH IRIGASI I KEWENANGAN PROVINSI:    75,61%

4.PERBAIKAN JALAN INSPEKSI DI SEPANJANG 7,4 KM    

5.TERPERLIHARANYA JARINGAN IRIGASI SEPANJANG 130,89 KM

6.TANGGUL PENAHAN BANJIR SEPANJANG 2 KM                                

 

Capaian Bidang Tata Ruang : 

 

CAPAIAN KINERJA SEKSI PEMBINAAN TATA RUANG TAHUN 2016-2019

RENCANA UMUM TATA RUANG :

 

Terselenggaranya kegiatan pembinaan penataan ruang di daerah di 15 kab/kota melalui kegiatan pendampingan dan supervisi terhadap proses peninjauan kembali RTRW Kabupaten/Kota sesuai dengan ketentuan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, pembuatan peta dasar RTRW Kabupaten/Kota sesuai dengan ketentuan Badan Informasi Geospasial, memfasilitasi kegiatan rapat koordinasi di Provinsi Sulawesi Utara terkait perencanaan tata ruang, serta memfasilitasi kegiatan Pemerintah Pusat di Provinsi Sulawesi Utara dan mengikuti kegiatan Pemerintah Pusat.

 

CAPAIAN KINERJA SEKSI PEMBINAAN TATA RUANG TAHUN 2016-2019

RENCANA UMUM TATA RUANG :

 

Tersusunnya RTRW Provinsi dimana Telah dilaksanakan kegiatan Revisi Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Utara No. 1 Tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2014-2034 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Utara  No. 117 Tahun 2019 tanggal 20 Maret 2019 tentang Rumusan Rekomendasi Hasil  Pelaksanaan Peninjauan Kembali Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Utara No. 1 Tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2014 – 2034 dan Keputusan Gubernur Sulawesi Utara No. 248 Tahun 2019 tanggal 9 Juli 2019 tentang Pembentukan Tim Penyusun Revisi Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Utara No. 1 Tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2014 – 2034, dengan hasil sebagai berikut : Tersedianya dokumen materi teknis; Tersedianya Album Peta yang terdiri dari Peta Dasar (telah mendapatkan persetujuan dari BIG), Peta Tematik dan Peta Rencana; Tersedianya dokumen Naskah Akademik;

Tersedianya Rancangan Peraturan Daerah.

 

CAPAIAN KINERJA SEKSI PEMBINAAN TATA RUANG TAHUN 2016-2019

RENCANA UMUM TATA RUANG :

 

Tersusunnya Perda tentang RTR Provinsi melalui tersusunnya Naskah Akademik Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Provinsi (RTR KSP) Kawasan Sekitar KEK Bitung.

 

(Advetorial)

Terpopuler

540 Siswa Ikuti OSN Tingkat Provinsi
18 Apr 2018 11:19 - Redaksi

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dr L Grace Punuh,MKes saat  [ ... ]

Sulut Tuan Rumah Penyusunan RKA-KL Tahun 2020, Ini...
04 Sep 2019 16:33 - Redaksi

Foto bersama dalam kegiatan     MANADO Kabarpost.com - Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E [ ... ]

Konjen Amerika Kunjungi SMAN 9 Binsus Manado
06 Nov 2017 10:32 - Redaksi

Manado,Kp - Prestasi gemilang yang diraih siswa-siswi SMAN 9 Binsus Manado, membawa. William Little  [ ... ]

Olly : Kita Harus Taat Pajak
18 Mar 2019 13:29 - Redaksi

Gubernur Olly, Wagub Steven serta Sekprov Silangen saat menyerahkan laporan SPT Tahunan Pajak Pengha [ ... ]

Other Articles