Frederik G Worang MSc PhD 

 

 

MANADO Kabarpost.com - Sulawesi Utara (Sulut) semakin hari semakin maju dan hebat diberbagai bidang, tentunya itu semua berkat pimpinan yang luar biasa Hebat. 

Dikatakan Ekonom Sulut, Frederik G Worang MSc PhD   beruntung sekali Sulut punya Gubernur Olly Dondokambey SE yang tipikalnya seorang eksekutor, bukan hanya sekedar konsep. 

“Bupati dan walikota di Sulut, patut bersyukur karena memiliki Gubernur Olly yang konektivitasnya sangat luas dan ‘ngaruh’ di pusat," ujarnya saat diskusi bersama sejumlah wartawan akhir pekan lalu. 

Ia pun mengajak agar mendukung konektivitas Gubernur Olly dan manfaatkan untuk kemajuan daerah. Acuhkan gesekan-gesekan karena datangnya bukan dari pemimpin. "Kepala daerah sekarang senang dapat gubernur yang marketing dan eksekutor. Bahkan bupati dan walikota dibawa menghadap Presiden Jokowi,” ungkap Worang, yang merasa prihatin dengan pemikiran sinis dan negatif seperti yang diamatinya melalui postingan-postingan di media sosial.

Akademisi Universitas Sam Ratulangi yang juga mengemban amanah sebagai salah satu Komisaris di Bank SulutGo ini mengatakan, kebijakan pemerintah di saat seperti ini sangat penting untuk membangkitkan gairah pariwisata Sulut.

“Misalnya untuk insentif, ada free masuk lokasi pariwisata, atau jalan tol digratiskan, karena hal-hal seperti itu walau kecil tapi ada efek psikis terhadap pasar. Dan sekarang atas lobi Gubernur Olly sehingga pemerintah pusat memberi diskon 50 persen untuk tiket pesawat ke beberapa daerah, termasuk ke Manado,” imbuh ekonom yang pernah berkarir di ABN Amro Bank sebagai Investigastion Departemen dan Risk Control Departemen.

Untuk jangka pendek ini, lanjutnya, harus digenjot event-event, supaya Sulut menjadi destinasi, sebagai substitusi atas kehilangan sementara turis-turis China. “Masalah Corona menjadi pemicu untuk berkompetisi mencari alternatif lain, mendatangkan turis domestik, dengan tetap menjaga sisi pelayanan destinasi, dan kreatif mencari pasar yang lebih potensial,” sambungnya.

Dan untuk menarik pasar wisatawan baru, dinilainya, potensi pariwisata di Sulut sudah lengkap. Di Bolmong dan di tiap daerah pasti akan ada daya tariknya sendiri. Satu hal yang penting dalam kepariwisataan adalah kepastian harga. “Kalau kita mau menjadi daerah yang terbuka untuk wisatawan, kita harus menyesuaikan dengan kebiasaan luar. Fixed price contohnya. Pedagang souvenir maupun pedagang makanan termasuk buah-buahan sebisa mungkin menetapkan harga tetap karena wisatawan tidak ada waktu untuk saling tawar. Berbeda jika kita ke pasar untuk belanja dan tawar-menawar menjadi seni ketika berbelanja. Untuk wisatawan sebaiknya ada harga tetap, maka mereka akan mendekat,” papar jebolan Business Marketing di Oklahoma State University, United States, dan mendapat gelar doktor (PhD) Management and Governance, di Murdoch University, Perth, Australia.

Untuk jangka panjang, Sulut bisa memanfaatkan kedekatan jarak dengan calon ibukota negara yang baru. Dikatakannya Sulut sudah menjadi regional hub perdagangan Indonesia timur dan tengah. “Fundamental perekonomian Sulut adalah di bidang pertanian. Sarana distribusi, jalan-jalan sudah dibangun luar biasa membuat harga-harga di pedesaan lebih stabil, dan tidak bergejolak. Jika manufacturing dibangun di Bolmong, akan saling melengkapi.

Selama ini, jika inflasi tinggi, itu karena ketergantungan di Jawa besar. Sekarang, Sulut bisa memanfaatkan calon ibukota baru. Political will di sektor pertanian bisa menatap ke arah sana,” tandasnya.

(Ain)

Terpopuler

Mewengkang ‘Warning’ SKPD tak Lengkap Administrasi...
15 Apr 2018 07:35 - Redaksi

Rapat pembahasan LKPJ.     MANADO Kabarpost.com - Dipenghujung rapat pembahasan LKPJ Tahun Angg [ ... ]

AMSI Minta Aktivitas Peliputan Jurnalistik Utamaka...
27 Mar 2020 09:26 - Redaksi

AMSI.   JAKARTA Kabarpost.com - World Health Organization (WHO) dan Gugus Tugas Percepatan Penang [ ... ]

Debat Publik Putaran Kedua Pilkada Mamuju Bisa Dis...
30 Nov 2020 11:31 - Redaksi

Pilkada Mamuju.   MAMUJU Kabarpost.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju bakal men [ ... ]

Bos Tak Kunjung Cair, Siswa Semangat Salurkan Sumb...
05 Oct 2018 02:50 - Redaksi

  MANADO Kabarpost.com - Meski Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) tak kunjung cair, sejumlah sekolah [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah