Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw.

 

MANADO Kabarpost.com - Virus Corona atau Covid 19 telah memakan banyak korban, baik di dunia, Indonesia termasuk juga di Sulawesi Utara (Sulut). Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dibawah kepemimpinan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw (ODSK) bergerak cepat untuk memerangi virus Corona dengan menyiapkan dana segar sebesar Rp 45 miliar. 

Dana segar ini digeser dari APBD Pemprov Sulut Tahun Anggaran 2020.

“Langkah itu akan diambil Pemprov Sulut berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) RI lewat pergeseran anggaran,” kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE kepada wartawan usai Rapat Terbatas mengatasi wabah Virus Corona, Sabtu (24/03/2020) tengah malam.

 

Rapat Terbatas itu dilakukan Gubernur Olly dan Wagub Kandouw didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen SE  dan diikuti para pejabat teras Pemprov Sulut di Kantor Gubernur Sulut.

Pergeseran anggaran sebanyak Rp45 miliar dilakukan Pemprov Sulut mengingat wabah Virus Corona masuk kategori Status Bencana Nasional.

 

Pemprov Sulut juga, tambah Gubernur Olly segera menyiapkan Laboratorium Daerah untuk pemeriksaan kasus Suspect Corona untuk mempercepat diagnosa, sehingga bisa diambil tindakan cepat untuk penanganan. Juga penambahan ruang Isolasi dan rumah singgah.

“Ruang isolasi RSUP akan ditingkatkan menjadi 80 kamar. Laboratorium juga akan segera disediakan, jadi tidak menunggu dari pusat lagi. Pemprov juga akan sediakan rumah singgah seperti di Bapelkes,” ujar Gubernur Olly.

Orang Nomor Satu di Bumi Nyiur Melambai Provinsi Sulawesi Utara ini juga mengakui, saat ini ada pasien positif corona.

“Dua pasien sedang dalam penanganan dan ada 36 orang yang telah dilacak baik tempat tinggalnya kemudian sample darah telah dikirim ke pusat,” jelasnya.

 

Gubernur Olly menambahkan, jika virus ini terus berkembang maka pemerintah akan mengambil tindakan lockdown dan sekolah – sekolah diliburkan.

Pada Kesempatan itu, Gubernur Olly mengajak kepada masyarakat Sulut di manapun berada untuk berdoa.

“Kita bersatu hati berdoa, memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk melindungi dan meluputkan kita dari wabah Virus Corona yang sedang melanda dunia. Kita yakin dengan iman percaya, doa kita menjadi kekuatan untuk menjalani kehidupan di tengah-tengah situasi dan kondisi saat ini,” ungkap Gubernur Olly.

 

Dia juga meminta kepada seluruh Bupati dan Walikota untuk mengimbau warganya agar tidak panik serta mengedukasi masyarakat terkait Virus Covid-19.

Hadir pada Rapat Terbatas diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Pemprov Sulut Drs Edison Humiang MSi, Kadis Infokom CH Talumepa SH, Kadis Kesehatan dr Debie Kalalo MSc PH, Kadis Dikda dr Grace Punuh, Kaban Keuangan Jeffry R Korengkeng SH MSi, Kadis Sosial dr Rinny Tamuntuan MKes, dan Karo Umum Clay June Dondokambey SSTP MAP.

 

(Advetorial)

Terpopuler

PT Djarum Kudus Siap Beli Cengkih Petani Sulut, In...
24 Jun 2019 11:16 - Redaksi

Ilustrasi cengkih     MANADO Kabarpost.com - PT Djarum Kudus siap membeli cengkih petani Sulawe [ ... ]

DPRD Kota Manado tak Perpenghuni, Pelayanan Publik...
25 Feb 2019 12:44 - Redaksi

Kantor DPRD Kota ManadManado.    MANADO Kabarpost .Com - Pesta demokrasi sudah di depan mata, pa [ ... ]

Dalam Rangka Kunker, Djafar Alkatiri Sambangi Bebe...
24 Jul 2020 11:39 - Redaksi

Djafar Alkatiri saat melakukan kunjungan kerja di Bolmut.   BOLMUT Kabarpost.com - Anggota Dewan  [ ... ]

Kodam XIII/Merdeka Gelar Syukuran HUT Infanteri Ke...
20 Dec 2020 03:18 - Redaksi

Syukuran HUT Infanteri Ke -72.   MANADO Kabarpost.com - Pendam XIII/Merdeka, dengan tema "Profesi [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah