Wagub Kandouw saat memimpin rapat bersama Sekdaprov Edwin Silangen dan Satgas Covid-19 Sulut di Kantor Gubernur, Kamis (26/3/2020). (Foto.ist)

 

 

MANADO Kabarpost.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw  gerak cepat menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas (ratas) online penanganan covid-19 di Indonesia dari Istana Merdeka Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Dalam ratas online itu, Presiden meminta Pemda melakukan refocussing kegiatan dan melakukan realokasi anggaran untuk mempercepat penanganan Covid-19 sesuai Inpres Nomor 4 Tahun 2020.

Untuk itu, Wagub Steven O.E. Kandouw menegaskan kesiapan Pemprov Sulut melaksanakan instruksi presiden dalam menangani pandemi covid-19 di wilayahnya dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 48,5 miliar untuk penanganan covid-19 di Sulut.

"Semua alat kelengkapan untuk menangani covid-19 harus sudah diadakan. Ini juga perintah dari Bapak Gubernur supaya semua kelengkapan seperti rapid test, masker, sarung tangan dan lain lain sudah harus ada secepatnya," kata Kandouw didampingi Sekdaprov Edwin Silangen dalam rapat bersama Satgas Covid-19 Sulut di Kantor Gubernur, Kamis (26/3/2020).

Selain itu, wagub juga menerangkan pentingnya kesiapan rumah singgah di Sulut untuk merawat pasien covid-19.

"Rumah singgah juga harus siap serta alat-alat pendukung lainnya. Dan stimulus kepada dokter, perawat dan tenaga surveilans harusnya dianggarkan dana stimulus kepada mereka," tandas Kandouw.

"Semua poli-poli batasi jam kerja untuk fokus covid-19 membantu tenaga dokter dan perawat," sambungnya.

Lebih lanjut, Wagub Kandouw menyebut bahwa seluruh tempat umum dan pusat keramaian di Sulut harus dilengkapi bilik disinfektan untuk mencegah penyebaran covid-19.

"Semua usaha seperti supermarket dan tempat-tempat keramaian atau tempat umum harus dibuatkan bilik disinfektan dan masyarakat harus selalu terapkan physical distancing. Dan sesuai perintah Pak Gubernur kepada satgas covid-19 agar semua orang dalam pengawasan harus diumumkan," tutup Kandouw.

(Ain)

 

Terpopuler

Wawali Manado Pimpin Apel Hari Otda XXII
25 Apr 2018 08:33 - Redaksi

Wawali Mor saat Pinpin Apel.    MANADO Kabarpost.com - Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastia [ ... ]

RDG SDN 2 Kotabunan Bakal Direnovasi
31 Jan 2018 02:26 - Redaksi

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Yusri Damopolii SPd   TUTUYAN kabarpost.com - Rumah Dinas Guru ( [ ... ]

Komisi E DPRD Jakarta Sambangi DPRD Sulut
01 Mar 2018 14:51 - Redaksi

Komisi E DPRD Jakarta saat berkunjung ke DPRD Sulut.    MANADO Kabarpost.com - Sejumlah masalah  [ ... ]

Motornya Hilang, Nixon Mengadu di Mapolresta Manad...
24 Jul 2019 13:21 - Redaksi

Ilustrasi.   MANADO kabarpost.com - Lagi - lagi kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ter [ ... ]

Other Articles