Para Pjs Bupati/Walikota yang dikukuhkan.

 

MANADO Kabarpost.com - Saat tiba di Bumi Nyiur Melambai, Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr Drs Agus Fatoni MSi langsung action menjalankan tugasnya, yakni mengukuhkan lima orang Pjs bupati dan wali kota, menggantikan posisi para petahana yang mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020, Sabtu (26/09/2020). 

Lima Pjs bupati dan wali kota yang dikukuhkan, yakni Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang sebagai Pjs Walikota Bitung. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Praseno Hadi sebagai Pjs Bupati Bolsel.

Kepala Inspektorat Provinsi Meiki M Onibala sebagai Pjs Bupati Minsel. Kadis Kominfo dan Statistik Provinsi, Christiano Talumepa sebagai Pjs Bupati Boltim. Karo Umum Setdaprov Sulut, Clay June Dondokambey sebagai Pjs Bupati Minahasa Utara.

Kepada penjabat yang dikukuhkan, Fatoni menegaskan untuk totalitas dalam menciptakan pilkada damai, aman dan lancar. Bahkan tak kalah pentingnya, Fatoni mengingatkan akan penanganan Covid-19.

“Mari kita ciptakan pilkada dengan mengacu pada peraturan yang sudah ditetapkan, untuk bersama-sama menjaganya dengan Polri, TNI Kejaksaan, Satpol PP dan semua masyarakat,” ujarnya. 

Fatoni mengungkapkan agar semua aktivitas dilaksanakan secara virtual, tujuannya menghindari kerumunan. “Ini menjadi kewajiban kita dalam penanganan Covid-19. Kita harus melaksanakan 3 T dan 4 M,” ujarnya.

“Tes, tracing dan treatment harus kita usahakan sebanyak-banyaknya dengan kemampuan anggaran yang ada, akan kita maksimalkan. Kemudian, tracing juga kita lakukan terhadap orang-orang yang diduga terkonfirmasi Covid-19. Treatment kita lakukan terhadap penderita atau pun yang terkonfirmasi Covid-19,” sebutnya.

Oleh karena itu Gerakan Gebrak Masker, yang diikuti dengan gerakan pembagian masker harus kita lakukan dan sosialisasikan. Berikut pemakaian masker juga harus secara terus-menerus dilakukan karena masyarakat belum begitu paham pentingnya memakai masker.

“Ini untuk kesehatan diri sendiri maupun kesehatan orang lain. Oleh karena itu pejabat sementara bupati dan wali kota agar melakukan tiga hal tadi, yaitu 3T dan 4M,” katanya.

Bagi daerah yang belum ada tempat isolasi, Fatoni mengingatkan untuk dapat menyiapkannya. Karena untuk mengantisipasi dihutuhkan penanganan secara kepada yang sudah terkonfirmasi, agar tidak bercampur dengan keluarga maupun dengan pasangan.

“Bapak-bapak harus mengecek apakah di daerah sudah ada tempat isolasi. Kalau belum agar segera disiapkan. Kemudian terkait dengan memakai masker upayakan untuk bisa maksimal seluruh warga masyarakat agar disiplin dengan protokol Covid-19, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun maupun dengan hand sanitizer, agar tangan selalu bersih.

Selanjutnya, kata Fatoni, yaitu menjaga jarak, minimalisir pengumpulan masa bahkan di dalam peraturan KPU. Di situ terdapat tugas yang diberikan kepada pejabat sementara bupati/wali kota sampai dengan tanggal 5 Desember. Dan pada tanggal 6 Desember kepala daerah sudah aktif kembali.

“Mudah-mudahan bapak-bapak semua dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.

 

(Ain)

 

Terpopuler

Wuisan Optimis Utusan SMAN 4 Manado Maju Tingkat N...
10 Jul 2018 02:27 - Redaksi

Dr Noula Wuisan MPd.    MANADO Kabarpost.com - Festival Lomba Seni Siswa (FLS2N) Tingkat Provins [ ... ]

Joune Ganda Rangking Teratas Calon Bupati Minut Ve...
29 May 2020 06:16 - Redaksi

Joune Ganda   MINUT Kabarpost.com  - Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten M [ ... ]

Gubernur Ajak Pemuda Sulut Jaga Persatuan Bangsa
29 Oct 2018 16:35 - Redaksi

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey saat menjadi Irup dalam peringatan Sumpah Pemuda.    MANADO Kab [ ... ]

Sejuta Pengalaman Nursiwin Dunggio Mampu Mengawal ...
30 Jan 2019 10:54 - Redaksi

Ny. Nursiwin Dunggio Caleg DPRD Provinsi .   BOLTIM kabarpost.com - Anggota Legislatif (Aleg) Dap [ ... ]

Other Articles
Unsrat
Unsrat 1
Unsrat 2
Unsrat 3
Fh unsrat