Gerdy Worang

 

MANADO Kabarpost.com - Sinergitas  merupakan kunci kesuksesan dalam pembangunan daerah. Namun pernyataan Walikota Manado di beberapa media yang menyebutkan tidak perlu sinergitas karena beberapa indikator Kota Manado sudah tinggi, dinilai arogan oleh Ekonom Sulut Gerdy Worang SE BSBA MComm. 

Worang mengatakan tidak tepat jika Kota Manado dibandingkan dengan kabupaten dan kota lainnya di Sulut. 

“Jangan membandingkan apel dengan jeruk. Masa, Manado yang adalah ibu kota provinsi dibandingkan dengan Boroko di Bolmut atau Tagulandang di Kabupaten Talaud misalnya. Kalau mau dibandingkan (Manado), silahkan bandingkan dengan ‘peer group’ yaitu Palu, Kendari, Gorontalo dan Makasar,” ungkapnya.

Lanjut kata Worang, Kota Manado dibandingkan kabupaten/kota lain jelas Indeks Pembangunan Manusia (IPM) paling tinggi. 

“Di Boroko atau Tagulandang tidak punya rumah sakit seperti di Manado. Karena itu dokter spesialis banyak di Manado, sedikit di kabupaten yang ada di Sulut," ujarnya, Kamis (20/11/20).

"Kemudian, indikator IPM lainnya selain kesehatan adalah pendidikan. Apakah ada universitas di Ratahan atau Tutuyan seperti di Manado yang punya banyak universitas? Walikota jangan bangga dulu. Universitas dan sekolah tinggi itu sudah sejak lama berdiri sebelum Walikota Manado sekarang menjabat,” sambung Worang yang dua kali menjabat Direktur STIE Eben Haezar.

Worang pun mengatakan, bahwa sedikit sekali penyandang gelar master atau doktor di kabupaten, tapi di Manado banyak. Karena itu IPM Kota Manado paling tinggi di Sulut. 

Di ibukota provinsi, yang dinilai adalah angka pengangguran. 

“Kalau di kabupaten/kota yang bukan ibukota provinsi, yang dinilai adalah angka kemiskinan. Silahkan buka data Badan Pusat Statistik (BPS). Sulut di atas rata-rata nasional. Turis dari China datang, yah mereka tinggal dan belanja di Manado. Apakah walikota bisa membuka akses direct flight dari China? Sudah jelas itu peran Olly Dondokambey dan Steven Kandouw, di awal tahun pemerintahannya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut. Lobby Olly-Steven di pusat juga karena sinergitas antara Pemerintah Pusat dengan Provinsi Sulut. Kota Manado pasti akan merasakan manfaat jika Walikotanya nanti bersinergi dengan Gubernur. Jangan sampai seperti terjadi waktu memasuki era new normal. Gubernur buka mall lalu ditutup oleh Walikota dan akhirnya pekerja menuntut untuk dibuka,” ujarnya lagi.

Untuk kemajuan daerah, lanjutnya, yang diperlukan juga adalah harmonisasi kerja antara Bupati dengan Walikota, dan Gubernur sebagai konduktornya. 

“Gubernur sudah lari 100 km/jam, bupati/walikota jangan menghambat.

Soal sinergitas jangan bandingkan apel dengan jeruk,” tandas Worang yang pernah berkarir di ABN Amro Bank sebagai Investigastion Departement dan Risk Control Departement ini.

Sinergitas kepala daerah akan memberikan nilai tambah, dan memberikan dampak positif. “Karena itu kalau dibilang IPM dan PE tidak perlu sinergitas antar kepala daerah, itu adalah hal yang naif atau bisa dibilang arogan. Kenapa? Karena Manado sebagai ibukota provinsi di-support oleh kabupaten/kota yang ada di sebelahnya. Misalnya turis di luar Sulut yang suka ke Tomohon atau Danau Tondano itu tinggal di Manado,” sambungnya.

Malahan, tambah Worang, Gubernur Sulteng saat menerima CNBC Award bersama Gubernur Sulut mengatakan bahwa pekerja asing yang datang dari China itu pertama kali masuk Indonesia itu tinggal di Manado sebelum mereka bekerja di Morowali Sulteng. 

“Ini jelas bahwa IPM dan PDRB Kota Manado itu pengaruh dari daerah di sekitarnya. Jadi keliru kalau Walikota mengatakan IPM dan PDRB Manado seakan-akan adalah hasil dari Kota Manado itu sendiri,” ujar

lulusan Business Marketing di Oklahoma State University dan mendapat gelar PhD Management and Governance di Murdoch University ini.

 

(*/Ain)

 

 

Terpopuler

Dinilai Paling Tepat Pimpin Minahasa, Warga Jaton ...
14 Jun 2018 04:20 - Redaksi

R3D saat buka puasa bersama warga Jaton.    MINAHASA Kabarpost.com - Pendukung pasangan calon Bu [ ... ]

Olly: Perpecahan Pimpinan Daerah Rugikan Masyaraka...
31 Oct 2020 06:13 - Redaksi

Gubernur Olly Dondokambey Bersama Ketua DPRD Prov Sulut,Pengurus DPD, DPC dan Wabup Sangihe.   SA [ ... ]

Pria Parubaya Ditemukan Tergantung di Pohon Cengke...
26 Mar 2021 02:52 - Redaksi

Korban yang ditemukan tergantung dipohon.   MANADO Kabarpost.com - Warga Desa Suluan Kecamatan To [ ... ]

20 Organisasi Perempuan dan Anak di Sulut Desak JA...
01 Feb 2021 11:58 - Redaksi

Organisasi perempuan dan anak di Sulut saat berada di DPRD Sulut    MANADO Kabarpost.com - Sejum [ ... ]

Other Articles
Ucapan indomaret
Ucapan selamat BSG
Ucapa idul fitri