KPU Kabupaten Mitra saat menyampaikan hasil pemeriksaan kesehatan dari pasangan calon tunggal James Sumendap dan Jocke Legi. (foto: ist)

 

MITRA Kabarpost.com - Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan dari pasangan calon tunggal James Sumendap dan Jocke Legi dalam rapat pleno terbuka penyampaian penelitian administrasi, Senin lalu.

“Hasilnya kami terima dari tim pemeriksa dan masih di segel untuk menjamin kerahasiaan hasil pemeriksaan yang turut disaksikan pengawas pemilu,” kata Ketua KPU Kabupaten Minahasa Tenggara Ascke Benu yang didampingi para komisioner di Ratahan, Senin lalu. 

Hasil pemeriksaan kesehatan tersebut lanjut Benu, berdasarkan hasil tim pemeriksa dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Ilmu Psikologi Seluruh Indonesia (HIPSI), dan Badan Narkotika Nasional (BNN). Hasil yang kami terima ini dari tim pemeriksa, yang telah melakukan pemeriksaan bagi pasangan calon.

“Pokoknya, penyempaian hasil kesehatan tersebut akan bersamaan dengan penyerahan hasil penelitian berkas administrasi dari pasangan calon,” ujarnya.

Jadi kata Ascke, nanti juga akan diserahkan hasil penelitian berkas administrasi yang sudah disampaikan oleh calon beberapa waktu lalu.

Komisioner KPU Bidang Teknis Penyelenggaraan Jhonly Pangemanan menyebut, dari hasil pemeriksaan kesehatan tersebut, calon bupati dan wakil bupati dinyatakan memenuhi persyaratan kesehatan.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan, kesempitan dari tim pemeriksa untuk calon bupati tidak ada disabilitas medis atau memenuhi syarat. Begitu juga untuk calon wakil bupati kesimpulan dari tim pemeriksa memenuhi syarat untuk kesehatan.

“Dari penelitian administrasi lainnya yang dilakukan oleh pihaknya ada sejumlah berkas perlu dilengkapi, seperti surat pernyataan tidak memiliki tanggungan hutang yang ditandatangani pihak Pengadilan Negeri,” katanya. 

Diakuinya, untuk dokumen Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN dari pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan tanda bukti tidak memiliki tunggakan pajak yang ditandatangani pihak kantor pajak. Khusus calon bupati yang merupakan petahana masih ada satu item yakni surat pernyataan cuti sebagai bupati.

Sementara itu masa perbaikan berkas berdasarkan tahapan yakni 23-25 Januari mendatang. 

 

Reporter : Otni

Terpopuler

Resmi Dikirim, Nama-Nama Pejabat Eselon II Pemprov...
09 Sep 2020 16:02 - Redaksi

Steven OE Kandouw   MANADO Kabarpost.com - Petahana dari beberapa daerah di Sulawesi Utara (Sulut [ ... ]

Lowing Somasi Pemimpin Redaksi mejahijau.com
10 Jul 2019 12:22 - Redaksi

 Chandra Paputungan.     MANADO Kabarpost.com - Melalui surat ini, kami Advokaf Chandra Paputu [ ... ]

Putra Jokowi dan JG-KWL 'Satu Surat Sakti' Dari Me...
17 Jul 2020 14:48 - Redaksi

JG-KWL saat tengah memegang surat rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan. (Foto.ist) [ ... ]

Pemprov Sulut Bersama BAZNAS Bagikan Sembako Bagi ...
18 May 2020 12:09 - Redaksi

Gubernur Olly saat membagikan sembako.   MANADO Kabarpost.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utar [ ... ]

Other Articles
Ucapan indomaret
Ucapan selamat BSG
Ucapa idul fitri