Luther Lumasuge Calon Kapitalaung Karatung II. 

 

SANGIHE Kabarpost.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla dengan 9 Nawacitanya patut di apresiasi oleh seantero penduduk perbatasan. Karena salah satu nawacita Presiden yakni Membangun dari Pinggiran tembusannya hingga penduduk perbatasan termasuk Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Alokasi Dana Desa yang tertata dalam APBN ini adalah sebuah terobosan ampuh untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat serta mengubah cara pandang sebuah desa akan ketertinggalan. 

Kampung Karatung II di dalamnya termasuk penikmat Dandes (Dana Desa) sejak 2015 silam dan bahkan Tahun 2018 ini sampai mencapai angka 1 Milyar lebih. Hal inilah yang akan di manfaatkan Calon Kapitalaung Karatung II Kecamatan Manganitu, Luther Lumasuge.

Menurutnya, Dana Desa selain untuk Infrastruktur tapi juga untuk Pemberdayaan masyarakat, dimana bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. Berdasar pada Permendesa PDTT RI Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2018 Pasal 7 Huruf H dan Pasal 8 jelas tertuang adalah pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). 

"Sejak 2015 untuk Kampung Karatung II tidak pernah dibentuk BUMDES, padahal ada 2 potensi yang bisa dijadikan pusat peningkatan pendapatan masyarakat yakni, Perikanan dan Pertanian dan yang paling mencolok adalah sektor Perikanan, pastinya status Kampung Karatung II dari Kampung Tertinggal (Indikator GSC) akan menjadi kampung yang berkembang dan mandiri," sebut Embo Luther, kepada Kabarpost.com.

"Jika dipercayakan masyarakat Kampung Karatung II, kedepannya saya akan bangun Pusat Pembelian Ikan serta Pusat Pembelian Hasil Pertanian yang nantinya akan dikelola oleh BUMDES," tutur Embo.

 

(riko)

Terpopuler

Olly Pastikan November Harga Kopra Naik
10 Sep 2018 13:19 - Redaksi

Forum Academics, Business, Government, Community And Media (ABGC+M).   MANADO Kabarpost.com - Gub [ ... ]

Wagub Kandouw Hadiri Rakornas Pemerintah Pusat dan...
13 Nov 2019 12:26 - Redaksi

Wagub Kandouw saat menghadiri Rakornas bertempat di Sentul International Convention Center (SICC), S [ ... ]

Berharap Tidak Dipakai, Gubernur Olly Sediakan Lah...
23 Apr 2020 03:57 - Redaksi

Gubernur Olly saat melakukan video teleconference dengan Kepala BNPB Doni Monardo, Rabu (22/4/2020). [ ... ]

Tumipa: Pelaksanaan USBN Sesuai Pos
26 Feb 2018 03:27 - Redaksi

Sejumlah Kepsek yang menghadiri pertemuan pembahasan USBN.    MANADO Kabarpost.com - Ujian Sekol [ ... ]

Other Articles
Idulfitri
Ucapan indomaret
Ucapan selamat BSG
Ucapa idul fitri