nampak warga berada di pengungsian.

 

BOLTIM kabarpost.com - Isu hoax yang beredar dari mulut ke mulut terkait adanya bencana tsunami membuat ribuan warga masyarakat yang ada di enam Desa Bulawan bersatu dan Desa Kotabunan bersatu di Kecamatan Kotabunan Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengungsih di perbukitan antara Bulawan dan Buyat.

 

Sedangkan sebahagian warga memilih mengungsih di perkebunan Bakan, ada pula ke Desa Bukaka. Sebahagian kecil warga tetap memilih tinggal di rumahnya. Jum'at, (28/12/2018).

 

Akibat kesimpangsiuran informasi tersebut tentu membuat masyarakat resah atau panik. Sedangkan informasi resmi dari BMKG terkait peringatan adanya tsunami di wilayah tersebut hingga kini tidak ada.

 

Salah satu warga saat berada di tempat pengungsian perbukitan jalan buyat mengatakan, mereka menerima informasi dari mulut ke mulut yang mereka dapatkan dari media sosial.

 

"Dari informasi itu muncul kepanikan campur perasaan tegang sehinggah kami langsung mengungsih, sebab berdasarkan informasi ia peroleh tsunami akan melanda wilayah ini," bebernya.

 

Kepala Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Indra Gaib saat melakukan pemantauan menjelaskan, munculnya tsunami itu jikalau ada gempa yang sudah berkekuatan 7 skala richter atau atau ada gunung api aktif. Sementara di wilayah kita tidak ada informasi gempa yang di sampaikan secara resmi oleh BMKG. Ia memohon, kepada warga masyarakat jangan panik atau termakan isyu yang bersedar di medsos yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarnya.

 

"Ombak yang terjadi ada di wilayah laut Sulawesi, sedangkan laut yang ada di Kotabunan dan Bulawan adalah laut maluku, jadi ketika menerima informasi supaya tidak mudah percaya. Namun, upaya warga kotabunan dan bulawan salah satu upaya menghindar untuk mencari tempat penyelamatan," jelasnya.

(feb)

Terpopuler

Landjar Resmikan TPA dan Masjid Darul Jannah Tutuy...
15 Feb 2018 12:12 - Redaksi

Bupati Boltim saat setelah meresmikan Masjid.    TUTUYAN kabarpost.com– Bupati Bolaang Mongond [ ... ]

Olly : SDM dan Pendidikan Harus Lebih Kuat Lagi Ke...
06 Dec 2019 15:30 - Redaksi

Gubernur Olly saat menghadiri pemberkatan dan peresmian Gereja Katolik Santo Nikolaus di Kampus SMP [ ... ]

Pertama Kali Digelar Disbud, Pameran Jejak Bambu D...
19 Nov 2019 11:53 - Redaksi

Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut, Fery Sangian saat memainkan permainan yang terbuat da [ ... ]

Dilaksanakan Sesuai Prokes, ibadah perayaan Natal ...
27 Dec 2020 00:28 - Redaksi

Jajaran Polres Minsel yang melakukan pengamanan saat berlangsungnya ibadah Natal.   MINSEL Kabarp [ ... ]

Other Articles
Ucapan indomaret
Ucapan selamat BSG
Ucapa idul fitri