Edwina E. Lino Bersama Siswa SMP Negeri 5 Satap Tamako.

 

SANGIHE kabarpost.com - Wanita single yang bernama lengkap Edwina Ekifania Lino berbagi cerita ketika menjalani tugas pertamanya sebagai abdi negara. 

 

Gadis kelahiran Toraja 30 Juni 1994 itu menuturkan, medan yang harus ia tempuh ke tempat tugasnya yang "absolutely challenging" tak membuat dirinya patah semangat untuk berkarya di sekolah yang jauh dari pusat kota. 

 

Sebagai pengajar Bahasa Inggris dan di tempatkan di SMP Negeri 5 Satu Atap Tamako (Pulau Mahumu) TMT Maret 2019 itu awalnya sempat merasakan keraguan karena pada umumnya anak - anak di desa kental dengan bahasa daerah yang nantinya akan mempengaruhi daya serap siswa akan bahan ajar menjadi lambat.

 

"Saya sih awalnya sempat ragu karena anak-anak yang lebih cenderung menggunakan bahasa daerah dalam komunikasi sehari-hari akan berdampak dalam menyerap bahan ajar, tapi ternyata kemampuan anak desa dan kota sama setelah saya evaluasi" ungkap alumni SMA Katolik Karitas Tomohon itu.

 

Dengan menempuh perjalanan dari Tahuna - Dagho - Mahumu Guru yang satu ini terinspirasi untuk membuat kegiatan sosial di pulau Mahumu bagi siswa SD - SMP seusai jam mengajar sekolah.

 

"Saya lihat minat dan kemauan anak - anak disini begitu besar untuk belajar, makanya saya berinisiatif untuk memberikan kursus secara gratis, karena buat saya pribadi semangat mereka bisa membayar lunas usaha saya, bayangkan saja sampai ada siswa yang sampai harus mendayung perahu sendiri untuk ke sekolah" urai gadis Toraja yang aktif sebagai penerjemah Bahasa Inggris - Indonesia sejak 2015 silam itu. 

 

Dirinya pun turut membakar semangat para guru yang bertugas di pulau - pulau terluar untuk tetap memberikan yang terbaik bagi desa setempat.

 

"Jangan mengeluh ditempatkan di sekolah yang berada jauh dari pusat kota karena kita sebagai abdi negara sudah menjadi kewajiban untuk mencerdaskan para siswa dan menyumbangkan hal-hal positif dalam memajukan  desa tempat kita bertugas" kunci jebolan UNIMA itu. 

 

Sebelum di tugaskan di SMP Negeri 5 Satap Tamako guru yang akan merayakan ulang tahunnya yang ke 25 tahun itu pernah mengabdi sebagai tenaga honorer di SD Katolik St. Agustinus Tahuna pada tahun 2018 dan SMK Negeri 1 Tahuna dan semasa kuliah pun sukses menjalani tugas PPL di SD Berea Tondano tahun 2015, PPL di SMA Katolik Karitas Tomohon tahun 2017 dan menjadi Trainer English and Public Speaking di MTC Course and Training di tahun yang sama.

 

(riko)

Terpopuler

Fredy Aniaya Seorang Perempuan Hingga Wajahnya Luk...
29 Apr 2020 12:51 - Redaksi

Pelaku yang berhasil diamankan dan dibawa di Polresta Manado.   MANADO Kabarpost.com - Tim Khusus [ ... ]

Puncak Dies Natalies ke-73 SMAN 1 Tomohon
05 Sep 2019 07:57 - Redaksi

Dies Natalies ke-73 SMAN 1 Tomohon.   TOMOHON Kabarpost.com - Dies Natalies ke-73 SMA Negeri 1 To [ ... ]

OD-SK Ajak Masyarakat Jadikan Olahraga Sebagai Gay...
04 Oct 2019 10:33 - Redaksi

Fun Bike dalam rangka HUT TNI ke-74 di Megamas Manado. (Foto. Ist)     MANADO Kabarpost.com - S [ ... ]

JP : Tidak Benar Saya Minta Fee
06 Mar 2019 14:56 - Redaksi

Jetty Pulu   MANADO Kabarpost.com - Terkait dengan pemberitaan sebelumnya di Kabarpost.com yang m [ ... ]

Other Articles
Ucapan indomaret
Ucapan selamat BSG
Ucapa idul fitri