Husni Modeong, Sangadi Buyat Selatan.

 

BOLTIM kabarpost - Memenuhi kebutuhan warga Buang Air Besar (BAB). Pemerintah Desa Buyat Selatan Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bangun 15 unit WC umum untuk warga belum memiliki toilet pribadi.

 

Sangadi Desa Buyat Selatan Husni Modeong menjelaskan, ukuran bangunan WC luas 1.5 M X 1.5 M bersumber dari anggaran Dana Desa (DD).

 

"Masing-masing bangunan WC ini kedudukannya ada di tanah masyarakat yang sudah memiliki hibah resmi dari masyarakat, pada sebelumnya Pemerintah Desa melakukan musyawarah dengan masyarakat di masing-masing dusun atau Musdus," papar Husni Modeong saat bersua dengan media ini.

 

Dijelaskannya, satu unit WC ini dapat di gunakan warga yang berdekatan dengan lokasi pembangunan toilet ini.

 

"Karena WC ini fungsinya untuk umum, maka saya menghimbau kepada pengguna supaya  menjaga kebersihan agar bangunan ini tetap terjaga keawetannya," pinta Modeong.

 

Lanjutnya lagi. Keberadaan WC ini tujuannya, sebagai motivasi kepada warga bahwa sangat pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri dan kesehatan lingkungan.   Tapi tujuan utama dengan program untuk yang sudah Lanjut Usia (Lansia) selain prioritasnya untuk orang-orang kurang mampu. 

 

"Adanya WC ini dapat membantu warga Buyat Selatan untuk membuang Buang Air Besar (BAB). Sehingga tidak perlu lagi memilih sungai untuk BaB, sebab menurut kami membuang air besar sembarangan sangat rentan dengan viruz mengganggu kesehatan," jelasnya lagi. 

 

Kata dia, pada tahun 2018 Pemerintah Desa sudah membangun 15 unit WC dan Tahun 2019 ini kami bangun 15 unit total 30 unit, sebagai pemenuhan kekurangan kebutuhan warga BAB.

 

"Buyat selatan terdiri dari tiga dusun, masing-masing dusun di programkan 10 unit WC, di Tahun 2018 15 Unit dan Tahun 2019 ini 15 unit. Harapan kami tempat ini dapat membantu kebutuhan dan bermanfaat bagi masyarakat banyak," beber Modeong. 

 

Selain itu, kata Husni Modeong, Ada dua keuntungan dengan program pembangunan WC. Pertama menjaga kesehatan lingkungan dan masyarakat. Kedua, bisa merangkul masyarakat yang sempat renggang dengan pemilihan Sangadi (Pilsang) atau Pemilihan Kepala Desa pada tahun kemarin.

 

"Dengan program ini mereka bisa dengan sendirinya terjalin kembali rasa persaudaraan di tengah-tengah masyarakat kami, namun tujuan utama untuk masyarakat buyat seletan," ucapnya.

 

Setiap pembangunan fisik di Desa Buyat Selatan memiliki Tim Pengelola Kegiatan (TPK) atas pemenuhan standar aturan dalam pembangunan swakelola anggaran DD. Fungsih sangadi tinggal mengontrol sejauh mana pekerjaannya. 

 

"Pengurus TPK ada yang di bentuk.   Antara lain, satu orang dari aparat Desa, satu orang dari perwakilan Masyarakat, dan satu orang dari unsur pemuda," kata Modeong.

 

Selain pembangunan WC, Modeong menambahkan. Untuk Tahun 2019 Pemdes Buyat Selatan fokus pada Pembuatan jalan setapak, pembuatan plat deker, pemberdayaan masyarakat lewat proposal kelompok tani dan beberapa program lain semua bersumber dari DD. Sedangkan anggaran ADD di dalamnya ada program pembangunan kantor BPD Supaya ada pembahasan BPD sudah ada kantor sendiri.

 

"Karena kami melihat program ini sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat buyat selatan. WC ini berlantai Tehel sekaligus di lengkapi instalasi listrik," tambahnya.

 

(feb)

Terpopuler

LSI Prediksi Olly-Steven Bakal Pecahkan Rekor Pilk...
02 Dec 2020 13:22 - Redaksi

Direktur KCI (Konsultan Citra Indonesia) LSI, Adjie Al Faraby saat konperensi pers di Hotel Swissbel [ ... ]

Terkait Pertemuan Dengan Pjs Gubernur Sulut, Maram...
19 Oct 2020 04:57 - Redaksi

Pertemuan BEM dan BPM FH Unsrat dan Pjs Gubernur Sulut beberapa waktu lalu.   MANADO Kabarpost.co [ ... ]

Pjs Bupati Clay dan Kaban BPSDM Tumiwa Tuntaskan K...
17 Nov 2020 17:32 - Redaksi

Clay June Dondokmabey   MINUT Kabarpost.com - Kinerja cepat, tepat dan tuntas dalam mewujudkan pe [ ... ]

Frans - Fine Nahkodai AJI Manado Periode 2021 - 20...
26 Mar 2021 11:52 - Redaksi

Konferta AJI Manado ke V.   MANADO Kabarpost.com - Konferensi Kota (Konferta) ke-V tahun 2021 Ali [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah