Bupati dan wakil bupati, di dampingi ketua dan wakil ketua TP-PKK bersama ketua DPRD Boltim melepas balon tanda jumbara PKK ke-IX resmi di buka.

 

BOLTIM Kabarpost.com - Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar,SH, secara resmi membuka Jambore PKK pada kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) dan pameran serta promosi pembangunan Desa ke-IX di Lapangan Desa Togid Kecamatan Tutuyan Boltim. Senin, (14/10/2019).

 

Bupati Sehan Landjar dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan Jambore kader PKK melalui kegiatan Jumbara dirangkaikan pameran dan promosi pembangunan desa ini merupakan sebuah inovasi dari konsep pemikiran yang dilahirkan melalui pelaksanaan program peningkatan pemberdayaan masyarakat perdesaan untuk menunjang proses pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

 

"Pelaksanaan kegiatan ini menjadikan sebuah nuansa baru yang memberikan warna tersendiri bagi dinamika yang terjadi ditengah masyarakat boltim," Jelas Sehan.

Bupati Sehan Landjar membuka jambore jumbara ke-IX di Desa Togid.

 

Menurutnya, PKK adalah sebuah lembaga yang mengkoordinasi segala bentuk pelaksanaan program dan kegiatan untuk membantu dan menopang peningkatan kehidupan perempuan di tengah arus globalisasi. Juga PKK sebagai wadah perhimpunan perempuan dalam mengimplementasikan konsep yang tentunya dapat membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

 

"Dengan bersinergi dengan stakeholder yang ada diharapkan dapat menunjang seluruh program pembangunan Pemerintah Boltim," terang Eyang sapaan akrabnya Bupati Boltim. 

 

Selain itu kata dia, PKK adalah bagian dari lembaga yang menaungi dan memberdayakan perempuan. Hal ini sejalan dengan konsep emansipasi wanita atau kesetaraan jender. Peningkatan peran perempuan harus dijunjung tinggi sebab wanita jaman sekarang bukan lagi wanita jaman dahulu yang hanya mengurusi suaminya atau memasak dan mengurusi rumah tangga.

 

foto bersama Bupati Sehan Landjar, Wakil Bupati Rusdi Gumalangit dan Ketua TP-PKK Ny. Nursiwin Yunus Dunggio dan Wakil Ketua TP-PKK Ny. Titiek Mamonto, Istri ketua DPRD bersama pengurus PKK Kabupaten Boltim.

 

"Namun peran wanita sekarang ini justru lebih maju daripada laki laki. Peran Perempuan perlu ditingkatkan agar lebih mampu memberikan sumbangsih yang lebih besar dalam berbagai bidang dan pembangunan di daerah ini," ucapnya.

 

Sehan mengharapkan, pelaksanaan even Jambore Jumbara dan promosi pembangunan desa dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan daerah ini dengan basis pelaksanaan program yang lebih ditekankan untuk masyarakat perdesaan. Pemerintah desa juga harus dapat mengakomodir aspirasi masyarakat yang berkembang dan harus diartikulasikan melalui lembaga – lembaga yang ada ditingkat desa.

 

“Saya berharap pelaksanaan kegiatan ini jangan hanya dijadikan kegiatan seremoni saja, namun harus bisa mengambil sebuah pelajaran dan makna dari esensi dan nilai - nilai kebaikan yang terkandung dalam prosesi pelaksanaan even ini. Apresiasi yang sebesar besarnya kepada jajaran BPMPD yang bersinergi dengan tim penggerak PKK Kabupaten dalam pelaksanaan kegiatan ini," kata Sehan.

penampilan defile jumbara persembahan desa bulawan satu.

 

Bupati mengatakan. Kinerja PKK sangat mendongkrak ekonomi miskin menuju sejahtera.

 

"PKK menggerakkan roda pembangunan dengan turut andil dalam pertumbuhan perekonomian di daerah ini," ucapnya. 

 

Di akhir sambutan dirinya berpesan, kegiatan Jumbara ke IX tahun 2019 untuk mempererat tali silaturahim antar sesama.

 

"Selamat berlomba, bukan karena lombanya, tapi silaturahimnya yang terus dijaga. Jadilah orang bermanfaat dari pada orang sukses. Sebab, yang bermanfaat lebih penting dari pada yang sukses," pesannya. 

 

Pembukaan Jambore Jumbara tersebut di tandai dengan pelepasan Balon PKK oleh Bupati Boltim Sehan Landjar bersama Ketua TP-PKK Boltim Nursiwin Dunggio, Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit bersama Wakil TP-PKK Boltim Titiek S. Mamonto. Dilanjutkan dengan lomba Defile dari 80 Desa se Boltim.

 

Diketahui, Jumbara 2019 akan berlangsung selama 5 hari.

 

Selain Bupati Sehan Landjar. Hadir pada pembukaan Jumbara ini Wakil Bupati Rusdi Gumalangit, Sekretaris Daerah Oskar Manoppo, Assisten I, II, III Setda Boltim, SKPD, Ketua DPRD Boltim Fuad Landjar, SH, Wakil Ketua Meddy Lensun, SE, Muhammad Jabir dan sejumlah anggota DPRD, Kapolsek Urban Kotabunan, Perwira Penghubung serta tamu undangan dari Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

 

(feb/advetorial)

Terpopuler

Olly Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gereja GMIM...
10 Mar 2019 07:45 - Redaksi

Gubernur Olly saat membawakan sambutan dalam kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Gereja GMIM [ ... ]

Dipentingkan SDM, Pemkab Boltim Buka Perekrutan Ap...
24 May 2019 05:56 - Redaksi

Slamet Umbola, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.   BOLTIM kabarpost - Pekan ini Pemerint [ ... ]

Sambangi Panti Asuhan, Ibu Tri Tito Karnavian Bagi...
05 Dec 2020 03:50 - Redaksi

Ketua Umum TP PKK ibu Tri Tito Karnavian didampingi Plt Ketua TP-PKK Sulut ibu Tyas Fatoni beserta p [ ... ]

Lakukan Penganiayaan, Seorang Loper Koran Ditangka...
21 Jul 2019 11:51 - Redaksi

Korban saat ditangkap.   MANADO kabarpost.com - Lelaki AA alias Ajan (17) warga Kelurahan Mayondi [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah