Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata dan home stay.

 

TALAUD Kabarpost.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Talaud  menggelar pelatihan tata kelola destinasi wisata dan home stay, Kamis (28/10/2020).  Pelatihan yang digelar di Aula Penginapaan Kanaan itu dihadiri sejumlah kepala desa, beberapa tokoh adat dan masyarakat serta pelakua pariwisata di Bumi Porodisa.

 

Dua narasumber yakni Ketua Asita Sulut Merry Karoan dan dosen Unika de La Salle Manado Jelly Walasendouw menyampaikan, tips bagaimana mengelola  dan mempromosikan potensi wisata Talaud yang luar biasa di antaranya Pulau Sarra  dan destinasi air terjun Tadunan Ampapitu di Desa Rusoh.

 

Sementara Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga (MAP) yang membuka kegiatan pelatihan ini menyebut perlunya dibuka destinasi wisata untuk mendorong perekonomian daerah dan pendapatan asli daerah atau PAD. 

 

“Jadi selain tempat bersantai, keberadaan suatu obyek wisata bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

 

Demi tertibnya pengelolaan, Pemkab Talaud akan membuat peraturan Bupati atau Perbup. “Perbub ini untuk mengatur retribusi untuk para pengunjung dan pemilik jasa kapal dan speedboat, supaya tidak ada lagi keluhan dari pengunjung mengenai turun naiknya tarif angkutan laut.  Selanjutnya para pengunjung sudah bisa ditagih retribusi ketika memasuki wisata,” kata MAP.

 

Pariwisata merupakan salah satu program prioritas pemerintahan E2L-MAP.  Karena itu Pemkab Talaud sudah mengusulkan anggaran untuk pembangunan destinasi wisata dan sekaligus penginapan mewah untuk para pengunjung di Pulau Sarra dan lokasi lainnya.

 

Ia mengakui jika banyak wisatawan yang sudah berkunjung ke Pulau Sarra. 

 

“Namun wisatawan mancanegara maupun lokal tidak suka berlama-lama karena wisata Pulau Sarra belum ditata dengan baik,” kata MAP yang dalam kesempatan tersebut didampingi Kadis Pariwisata  Fanmy Unsong dan Kadis Kesehatan dr Cherry Monangin.

 

“Untuk itu destinasi wisata di Talaud akan kita kelola dengan baik, kita perbaiki dan fasilitas penunjang dilengkapi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri betah saat berkunjung,”Ucap MAP lagi

 

(Aulia)

Terpopuler

Dua Siswa SMAN 1 Tomohon Maju di Tingkat Nasional
11 May 2019 08:13 - Redaksi

Meytha Tambengi.   TOMOHON Kabarpost.com - Ajang bergensi Olimpiade Sains Nasional (OSN) dua sisw [ ... ]

Inilah Teknis Pilkades Serentak
01 May 2018 15:04 - Redaksi

Panitia Kab didampingi kasie pemerintahan.    SANGIHE Kabarpost.com - Panitia Pemilihan Kapitala [ ... ]

THL Ini Dikeroyok Marcel cs
05 Apr 2021 14:55 - Redaksi

Mapolresta Manado.   MANADO Kabarpost.com - Apes dialami lelaki bernama Vanly Biyn (39), warga Ke [ ... ]

Ditahun 1932 Jurnalistik mulai dilakukan dengan me...
10 Sep 2020 14:40 - Redaksi

Jurnalistik Bolaang Mongondow 1932.   BOLMUT Kabarpost.com - Majalah ini mewakili kepentingan ker [ ... ]

Other Articles
Ucapan indomaret
Ucapan selamat BSG
Ucapa idul fitri