Acara adat Ritual Adat Manduru’u Ton’na dan memperingati satu tahun kepemimpinan Bupati dan Wabup Talaud.

 

TALAUD Kabarpost.com - Ritual Adat Manduru’u Ton’na, bersamaan dengan acara memperingati 1 Tahun Kepemimpinan Bupati kabupaten kepulauan talaud dr Elly Engelbert Lasut dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga, yang dilaksanakan pada masa pandemi covid 19 dengan menerapkan protokol covid 19 yang ketat dan tidak melebihi kapasitas tempat yang di laksanakan di pendopo/Rumah dinas Bupati. Jumat(26/02).

 

"Meski dalam masih dalam situasi Pandemi Covid 19 melanda Dunia, terutama melanda Kabupaten Talaud, dan tentunya sangat menyulitkan Masyarakat, tetapi semua berdiri tegak bersama Masyarakat Porodisa, menatap masa depan bersama, untuk mejalani Hidup yang penuh Berkat dari Tuhan", kata Bupati Kepulauan Talaud dr Elly Engelbert Lasut dalam sambutannya.

 

Bupati Talaud menyampaikan, rasa Syukur dan terimakasihnya kepada Tuhan, karena meskipun di tengah Pandemi Covid 19, Kabupaten Talaud di Limpahi dengan panen Cengkih dan tanaman Pangan yang melimpah, dan sampe saat ini Masyarakat masih sangat patuh dan bersama-sama dengan Pemerintah dan Forkopimda Talaud, berjuang melawan Covid 19.

 

"Masyarakat Kabupaten Talaud, harus bersyukur atas kepercayaan yang sudah di berikan oleh Pemerintah Pusat, karena sudah memberi kesempatan untuk belajar tatap muka secara langsung, itu semuanya respon Pemerintah Pusat, dengan memperhatikan tata kelola penanganan Covid 19 dari pemerintah Kabupaten Talaud" tambahnya. 

 

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melalui DR Jetty Pulu menyampaikan, rasa permintaan maaf atas ketidak hadirannya dalam acara Ritual Adat Kabupaten Talaud, dan Perayaan 1 Tahun Kepemipinan E2L-Mantap.

 

"Saya berkerinduan hadir dalam acara yang penuh dengan sukacita ini, tetapi bersamaan dengan acara ini, Saya ada Agenda penting yaitu, Melantik 5 Kepala Daerah yang terpilih pada 09 Desember 2020," ucap Olly.

 

Dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa ritual adat yang melambangkan ciri khas dan identitas kabupaten Talaud yang menggambarkan sejara dan perjuangan leluhur. Antara lain Ba a a (ketupat ) dan mamorongan (kepala babi)  dan tarian tacanusa. 

 

Disisi lain, Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia Evan Taarae  yang merupakan tokoh dalam pertunjukan tarian adat Tacanusa  menyampaikan, Tarian adat yang sudah di tampilkan, merupakan budaya dari Moyang/leluhur  Kabupaten Talaud.

 

" Yaitu lebih cenderung menggambarkan ciri khas masyarakat pulau Kabaruan yang di kenal dengan pulau Tamalrongge, Maka dalam kolaborasi gerakan, ada yang berteriak Tacanusa dan di balas dengan Tamalronggeca yang menggambarkan keperkasaan dan kegigihan masyarakat yang ada di kabupaten Talaud Khususnya masyarakat yang ada di pulau Kabaruan khususnya tokoh-tokoh yang menjadi pemimpin di waktu itu". Kata evan.

 

Evan menambahkan, bahwa tarian adat ini menggambarkan pada dasarnya masyarakat kabupaten Kepulauan Talaud adalah masyarakat yang beradat dan berbudaya, sudah menjadi hal yang wajar bahwa tokoh kita waktu zaman dulu pada saat pergi berperang dengan keadaan baju yang Utuh dan saat kembali berperang dalam keadaan hanya baju yang sobek tanpa bekas luka ataupun sayatan di tubuh.

 

"Jadi inilah ciri khas yang merupakan akar peradaban masyarakat kabupaten kepualauan Talaud, "Pungkasnya.

 

(Aulia)

Terpopuler

Dua Siswa SMAN 9 Manado Ikut Open International De...
25 Oct 2019 03:55 - Redaksi

Drs Meidy Tungkagi, MSi.

MANADO Kabarpost. com - Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direkt [ ... ]

Lomba Kulintang, FH Unsrat Juara 1 Piala Presiden
28 Jun 2019 06:58 - Redaksi

Fakultas Hukum Unsrat.   MANADO  Kabarpost. com - Mahasiswa Fakultas Hukum Unsrat pada Lomba Ko [ ... ]

Jurnalis Boltim dan Minahasa Lepas Kepenatan di Pa...
25 Jan 2019 11:05 - Redaksi

jurnalistik boltim dan minahasa bersenda gurau dipantai cinta .   BOLTIM kabarpot.com - Pesona pa [ ... ]

Landjar Dorong Pertumbuhan Angka Kehidupan Masyara...
27 Jan 2018 08:39 - Redaksi

Bupati Sehan Landjar saat Kunjungan kerja di Kecamatan Modayag   BOLTIM Kabarpost.com - Bupati Bo [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah