Siswa yang berprestasi diberikan penghargaan. 

 

MANADO Kabarpost.com - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018, Walikota Manado Dr Ir Vicky G Lumentut,SH DEA menjadi inspektur upacara, Rabu (02/05/2018) di lapangan sparta tikala Manado.

Momentum Hardiknas yang di hadiri sejumlah pejabat pemerintah kota manado, undangan, para guru maupun siswa.

Lumentut saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mudhajir Effendy, Vecky mengatakan, tema Hardiknas tahun ini adalah Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.

"Hardiknas 2018 ini dijadikan momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara. Untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan. Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan,” katanya.

Ditambahkan, pendidikan juga harus menyiapkan tenaga technocraft, tenaga terampil dan kreatif, yang memiliki daya adaptasi tinggi terhadap perubahan dunia kerja yang kian cepat dan memiliki kemampuan berpresisi tinggi untuk mengisi teknostruktur sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun demikian, pihaknya juga mengakui bahwa belum semua wilayah tersentuh pembangunan insfrastruktur yang bisa menjadi sabuk pendidikan dan kebudayaan dalam ikatan keindonesiaan. 

“Oleh karena itu, pada tahun-tahun mendatang pemerintah akan memberikan prioritas pembangunan infrastruktur pada daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) agar wilayah-wilayah tersebut terintegrasi dan terkoneksi ke dalam layanan pendidikan dan kebudayaan,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota menyerahkan piagam tropi kepada siswa berprestasi yang lolos tingkat Kota Manado ke tingkat provinsi yang di dampingi Kadis Dikbud  Manado Dr Desie Lumowa,MPd.

Untuk SD SMP Prividensia.Joaquin Gabriel (mata pelajaran matematika sd), Aholiab Narasiang (ipa sd), joseph bryan soumury (math SMP lolos ke nasional), Adeleyda Makalew (Ipa Smp lolos OSN ke nasional), riovaldo Dumalang (ips smp)

Lumentut negaskan sambutan Menteri di Hari Pendidikan Nasional bagaimana di kota manado, Sekolah tempat pembelajaran yang menyenangkan.

"Diajarkan Ki Hajar Dewantara Sebagai taman, pagi pendidik dan peserta didik merasa bahagia dan nyaman. Saya akan mengevalusi bagi SD, SMP. Apakah sudah memenuhi harapan dari sambutan tersebut. Apabila belum kita membangun kembali apa yang diajarkan Ki Hajar Dewantara,"tegasnya.

Sementara itu,Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Manado, Dr Deisy Lumowa mengatakan dinasnya terus meningkatkan prestasi siswa.

“Kami terus melakukan pendampingan bagi sekolah- sekolah untuk menggali potensi para siswa agar bisa dikembangkan pendidikan karakter.

"Sedini mungkin siswa dibentuk agar masa depan mereka bisa cemerlang dengan mengandalkan tingkat kejujuran dan beretika disegala hal,"tukasmya.

Ketua Panitia Hardiknas, Jhoni Manangka SPd didampingi Sekretaris panitia, Jouke LendoSPd MPd menyampaikan, dalam Hardiknas tahun ini, berbagai kegiatan yang dilaksanakan yaitu lomba Tata Upacara Bendera (Tub), fashion show busana Kain Manado, tarian goyang Tobelo, dan lain-lain.

“Kami laksanakan kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih disiplin para anak-anak agar mereka terdidik sejak dini,”terangnya sembari mengatakan kegiatan diikuti siswa dari berbagai sekolah baik SD maupun SMP Manado, para guru-guru turut berpartisipasi.

Upacara kali ini ikut dimeriahkan tarian maengket, tarian cakalele, dram band dan atraksi budaya lainya.

Pelaksanaan upacara tim paskibraka kota manado tahun 2017 menjalankan tugas dengan baik.

"Kami sangat bersyukur karena upacara dalam rangka hari pendidikan nasional boleh berjalan dengan baik,"Kata Viska Mongan tim delapan.

"Kami dua hari latihan kami bisa menampilkan yang terbaik," utusan SMAN 3 Manado.

Tim paskibraka 2018 terdiri perwakilan SMAN/SMK Kota Manado yakni Jessycha Pahimaneng utusan SMKN 1 manado, Florens Pandoy SMA Prisma Manado, Stephanie Hotanoban utusan SMA Prisma Manado, Febrianty Mokosuli utusan SMA Prisma Manado, Graisella Miskidjo utusan SMA Prisma manado , Sulkifli Baco utusan SMAN 8 Manado, Reycardo Rondonuwu utusan SMAN 7 Manado, Rivaldo Pedah utusan SMAN 7 manado.

 (tian)

Terpopuler

Bantuan Korban Banjir Mulai Tersalur
28 Apr 2019 09:22 - Redaksi

Masyarakat kampung saat menerima bantuan.   MANADO Kabarpost.com - Kepala lingkungan dua Kampung  [ ... ]

Jelang Perayaan Natal, Polres Minsel Bagikan Ratus...
21 Dec 2020 13:37 - Redaksi

Polres Minsel Bagikan Ratusan Masker.   MINSEL Kabarpost.com - Personel jajaran Polres Minahasa  [ ... ]

ODSK Kerahkan 50 Truk Angkat Sampah yang Menumpuk ...
05 Feb 2021 08:34 - Redaksi

Sampah yang diangkat, Jumat (5/2/2021). (Foto.ist)   MANADO Kabarpost.com - Pemerintah Provinsi S [ ... ]

Gedung CTI Bakal Dijadikan Sekretariat Program Pen...
15 Nov 2018 15:42 - Redaksi

Direktur Eksekutif Sekretariat CTI yang baru Hendra Yusran Siry saat menyambangi Gubernur Sulut Olly [ ... ]

Other Articles
Ucapan indomaret
Ucapan selamat BSG
Ucapa idul fitri