Unsrat

 

MANADO Kabarpost.com - Pengumumkan seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di tetapkan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) 2019 Kemristekdikti, telah menetapkan kebijakan pengembangan model dan proses seleksi yang berstandar nasional dengan mengacu pada prinsip yang mengedepankan keadilan, transparan, fleksibel, efisien, akuntabel, serta sesuai dengan perkembangan teknologi informasi di era digital.

Untuk itu mulai tahun 2019 nanti, Kemristekdikti akan memberlakukan kebijakan di bidang seleksi penerimaan mahasiswa baru, yang dilaksanakan oleh institusi bersama lembaga tes masuk perguruan tinggi LTMPT.

Menurut keterangan resmi Ketua Panitia Pusat SBMPTN Prof Dr Ravik Kursidi MS, sebagaimana yang diteruskan Juru Bicara Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Hezky Kolibu bahwa LTMPT, merupakan lembaga nirlaba yang menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru.

“LTMPT ini, pertama berfungsi  mengelola dan mengolah data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh Rektor PTN. Kedua melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada seleksi masuk PTN tahun 2019, yang akan dilaksanakan melalui tiga jalur yaitu SNMPTN dengan daya tampung minimal 20%, SBMPTN minimal 40% dan seleksi masuk maksimal 30%, dari kuota daya tampung tiap prodi di PTN,” kata Kolibu Selasa (23/10/2018).

Pada pelaksanaan SBMPTN 2019, jelas Ravik, hanya ada satu metode tes UTBK. Selanjutnya metode Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) ditiadakan. Sedangkan untuk UTBK berbasis Android sementara belum diterapkan.

“Karena masih dikembangkan. Sedangkan materi tes yang dikembangkan dalam UTBK tahun 2019 yaitu, Tes Potensi

Skolastik (TPS) dan tes ke olahragaan dan atau seni cukup mengunggah dokumen prestasi atau portofolio saja tidak ada ujian keterampilan pelaksanaan (UK). Pelaksanaan dilakukan beberapa kali dan hasilnya akan diinformasikan kepada peserta dan PTN tujuan,” kuncinya.

 

(tian)

Terpopuler

Diskominfo Boltim Berkunjung di Bolmong
02 Feb 2019 01:30 - Redaksi

sekretaris diskominfo udel simbala dan diskominfo bolmong.    BOLMONG kabarost.com - Dinas Komun [ ... ]

Dimata Bupati Sehan, Candra Modeong Sosok Orang Ya...
08 Aug 2019 11:44 - Redaksi

Bupati Sehan Landjar.    BOLTIM kabarpost - Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landja [ ... ]

731 Siswa SMPN 1 Manado Lulus Seratus Persen
01 Jun 2019 15:17 - Redaksi

Kelulusan SMPN 1 Manado.   MANADO Kabarpost.com  - Tahun ajaran 2018-2019 siswa-siswi kelas 9 s [ ... ]

Lesung Raksasa Ini tak Bisa Diangkat Eksavator
03 Feb 2018 10:27 - Redaksi

Habi Imban, orang pertama yang menemukan lesung raksasa   BOLTIM kabarpost.com - Lesung batu ini  [ ... ]

Other Articles
Idulfitri
Ucapan indomaret
Ucapan selamat BSG
Ucapa idul fitri