Kegiatan pemasangan paving block dihalaman Gereja Jemaat Nazaret Velden Capellen di Desa Lansot Timur.

 

TARERAN Kabarpost.com - Gedung gereja adalah sebuah “rumah ibadah” umat Kristen. Dimana umat bisa berdoa atau bersembahyang ataupun digunakan untuk kegiatan kerohanian lainnya. Prasarana gereja salah satunya seperti halaman merupakan komponen penunjang utama gereja.

 

Gereja GMIM Nazaret Velden Capellen terletak di Desa Lansot Timur Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan Provinsi Sulawesi Utara yang berjarak 63,7 km dari Politeknik Negeri Manado. Memiliki luas lahan 882 m2 dan luas bangunan 469,5.  Sebagian halaman gereja (bagian depan) sudah dilengkapi dengan pemasangan paving block hasil swadaya jemaat.  Sebagian lagi (bagian samping kiri dan kanan gereja) halaman belum dilengkapi dengan paving block.

 

Pada saat terjadi hujan, menyebabkan halaman yang belum memiliki perkerasan berlumpur dan mengganggu aktivitas jemaat gereja yang beribadah, apalagi kalau ada kegiatan-kegiatan lain yang membutuhkan penggunaan fasilitas halaman gereja.

 

Upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak BPMJ sudah dilakukan diantaranya melalui penggalangan dana dari jemaat gereja, pencarian donatur, mengajukan proposal ke instansi-instansi yang terkait, namun belum mencukupi jumlah dana yang dibutuhkan.

 

Berdasarkan uraian permasalahan mitra, maka BPMJ bersama-sama dengan Tim pelaksana program Pengabdian Pada Masyarakat-Mahasiswa (PPM-M) progam studi D-3 Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado bersepakat melaksanakan kegiatan pemasangan paving block pada halaman samping kiri dan kanan yang belum terpasang paving block dengan luas 192 m2, yang mulai dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2020.

 

Ketua Tim program Pengabdian Pada Masyarakat-Mahasiswa (PPM-M), Novatus Senduk, ST, MT, menyampaikan, kegiatan pemasangan paving block pada halaman gereja GMIM Nazaret Velden Capellen melalui Program PPM-M bertujuan untuk membangun kerja sama antara Politeknik Negeri Manado dengan Jemaat GMIM Nazaret Velden Capellen dalam menyediakan prasarana berupa pemasangan paving block.

 

"Kerjasama dalam hal peningkatan  pengetahuan dan keterampilan mahasiswa, masyarakat melalui kegiatan keteknikan, mulai dari pembuatan gambar, pembacaan gambar, pengukuran, menghitung volume, pengetahuan K3 dan pemasangan paving block. Kegiatan ini juga merupakan implementasi salah satu Tridharma PT, yaitu pengabdian kepada masyarakat" jelas Senduk.

 

Hadir dalam kegiatan PPM-M, Ketua Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado, Noldie E. Kondoj, ST, MT, didampingi Sekretaris Jurusan Dr. Rilya Rumbayan, ST, M.Eng. Juga Estrellita V. Y. Waney, ST, M.Eng.Mgmt selaku Koordinator Program Studi D-3 Teknik Sipil dan Ketua Tim program PPM-M Prodi D-3 Teknik Sipil tahun 2020 Novatus Senduk, ST, MT, para Dosen dan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Manado. 

 

Hadir juga sebagian Jemaat Nazaret Velden Capellen Lansot Timur, Pejabat Hukum Tua Lansot Timut Grace Kondoy SH, Unsur kepolisian Ipda Betsy Lumi, yang memantau kegiatan berjalan sesuai dengan Protap Covid-19. 

 

Terlibat bersama dalam kegiatan ini Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat Pdt Ouckvy Wenas, STh, Pdt Marthen H. Karundeng, STh. Panitia Pembangunan dan masyarakat Lansot Timur.

 

(Ay)

Terpopuler

Muda Charaka Gelar Slalom Test Perebutkan Piala Ka...
15 Mar 2018 14:52 - Redaksi

Husni Towidjojo.    MANADO Kabarpost.com - Berbagai kegiatan akan dilaksanakan dalam rangka Hari [ ... ]

Korban Bencana Palu, Effendi: Satuan Pendidikan Mi...
19 Oct 2018 11:20 - Redaksi

M Effendi. Dan Grace Punuh   MANADO Kabarpost.com - Sesuai surat edaran Menteri Pendidikan dan Ke [ ... ]

Andy Sumual Pimpin DPD Aprindo Sulut Periode 2020-...
08 Nov 2020 16:09 - Redaksi

Foto bersama usai Musda) Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) IV  Sulawesi Utara bertempat  [ ... ]

Serahkan 226 Sertifikat, Wabup Rusdi: Ini Dokumen ...
14 Feb 2019 10:51 - Redaksi

Rusdi Gumalangit menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat.   BOLTIM kabarpost.com - Wakil B [ ... ]

Other Articles
Idulfitri
Ucapan indomaret
Ucapan selamat BSG
Ucapa idul fitri