Hearing Komisi III DPRD Sulut dengan Balai  Wilayah Sungai Sulut I. (Foto: ist)


MANADO Kabarpost.com - Pemindahan  situs peninggalan Waruga di lokasi pengerjaan waduk Kuwil, bakal terulang lagi. Teranyar, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi Utara (Sulut) I, telah memprogramkan untuk ‘ memutasikan’ 43 kuburan  purbakala orang Minahasa ini.

Langkah untuk ‘memigrasi’ puluhan waruga tersebut telah tertata dalam Rencana Pengadaan Tanah untuk Appraisal Situs Purbakala dan Penilaian Kuburan, Balai Wilayah Sungai Sulut I, tahun 2018. “Pembangunan Waduk Kuwil ada masalah lagi tentang keberadaan waruga dan kuburan tua. Pemindahan sebelumnya saya sempat dipanggil KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) terkait pemindahan waruga. Tapi untuk ini yang akan menangani dari Badan Arkeologi Sulut dan Dinas Pariwisata Minut (Minahasa Utara),” ungkap Kepala Balai Sungai, Djidon Watania dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut, Rabu (24/01/2018) di ruang rapat komisi.
 Ia menjelaskan, pihaknya telah membuka tempat di sana dan ternyata masih ada waruga yang lokasinya akan terkena genangan. Menurutnya, waruga tersebut harus dipindahkan ke lokasi terbaik. “Dahulunya lokasi itu terbiar ketika kami buka orang-orang ramai membicarakan. Upacara adat nanti akan dilanjutkan oleh masyarakat setempat. Untuk upacara pemindahan nanti akan berkonsultasi direktorat Pembina,” terang Wantania.
Meski tanah adalah milik desa namun baginya, pemindahan waruga sangat beresiko masalah sosial. Seperti yang terjadi dalam pemindahan sebelumnya. “Memindahkannya tidak segampang itu. Lebih baik kami menghadapi masalah secara teknis, daripada menghadapi masalah sosial,” pungkasnya.
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut pun ikut mendorong pemindahan waruga–waruga tersebut. “Itu kan tanah negara jadi bisa dipindahkan. Tinggal kita mengkuti tatacaranya,” kata Anggota Komisi III DPRD Sulut, Yongkie Limen, dari fraksi Golkar.
Rencana untuk memindahkan waruga itu pun didorong, personil komisi lainnya, Eddyson Masengi. Bagaimana caranya untuk memindahkan harus dibicarakan bersama. Kita dewan bagaimana difasilitasi supaya bisa bertemu dengan masyarakat membicarakan persoalan ini,” katanya.
Diketahui, ganti rugi untuk pemindahan 43 waruga ini dianggarkan Rp100.000.000. Selain itu ada 255 kuburan tua yang akan dipindahkan, dana ganti ruginya sebesar Rp1.270.951.126.

 

Reporter : Ain

Terpopuler

Tim Paniki Ringkus Dua Pelaku Penganiayaan
14 Feb 2021 13:25 - Redaksi

Dua pelakunyang ditangkap karena telah melakukan penganiayaan.   MANADO Kabarpost.com - Tim Panik [ ... ]

Pjs Gubernur Fatoni Apresiasi FGD DPD RI, Rawat Ke...
16 Nov 2020 13:28 - Redaksi

Pjs Gubernur Fatoni menghadiri FGD yang diselenggarakan oleh DPD RI di Ruang Mapalus Kantor Gubernur [ ... ]

Gubernur Olly: Jarak Fisik Terjaga Tapi Terhubung ...
23 Mar 2020 12:47 - Redaksi

Olly Dondokambey     MANADO Kabarpost.com - Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Wagub Steven K [ ... ]

Pemprov Sulut Berikan Bantuan Lonceng dan Rp 800 J...
30 Aug 2020 15:27 - Redaksi

Gubernur Olly saat menghadiri ibadah syukur di GMIM Betel Kembuan, Kabupaten Minahasa, Minggu (30/8/ [ ... ]

Other Articles
Idulfitri
Ucapan indomaret
Ucapan selamat BSG
Ucapa idul fitri