Para anggota DPRD Sulut yang mengikuti Bimtek di Jakarta. 

 

JAKARTA Kabarpost.com - Bertempat di Hotel Harris Vertu Harmoni Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta, Sekretariat DPRD Provinsi Sulut sukses melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Anggota DPRD Sulut.

Menurut Sekwan DPRD Sulut, Bartolomeus Mononutu, SH, penyelenggaraan bimtek yang dilaksanakan pada tanggal 21 sampai 25 Mei 2018 ini dalam rangka peningkatan pengetahuan dan kemampuan anggota DPRD, agar nantinya semakin mendukung implementasi peran, hak, kewajiban, kewenangan, fungsi dan tugas anggota DPRD Provinsi Sulut.

“Bimtek ini hasil kerja sama Setwan dengan Badan Pengembangan SDM (BPSDM) Kemendagri dan Universitas Trisakti,” ujar Mononutu.

Lebih lanjut, Kabag Keuangan, Dammi Tendean SE sebagai panitia, mengatakan bahwa peserta Bimtek ini diberi pemahaman tentang PP No 12 Tahun 2018 tentang tatib DPRD peran dan fungsi DPRD dalam perencanaan pembangunan daerah sesuai Permendagri  86 tahun 2017, UU No 7 tahun 2017 dari sisi implementasi politik dan hukum, pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan pemda, mekanisme pelaksanaan pinjaman daerah dan obligasi, serta mekanisme pelaksanaan hibah dan bansos. 

Diketahui, dalam pelaksanaannya, Bimtek ini berlangsung sangat interaktif, dimana para anggota DPRD sangat antusias untuk bertanya kepada  dan berdiskusi dengan fasilitator terutama hal-hal prinsip yang terkait dengan isu-isu aktual yang berkembang saat ini di daerah. 

Beberapa anggota DPRD yang diwawancarai, mengatakan penting dan strategisnya bimtek ini, dan diharapkan bimtek ini dapat dilaksanakan 2 (dua) kali setahun, mengingat implementasi kebijakan dan isu penyelenggaraan pemda yang sangat dinamis, dan perlu kemampuan dan respons koordinasi dan pengawasan yang cepat oleh pimpinan dan anggota DPRD sebagai mitra Pemda  Provinsi Sulut. 

Bimtek ini didukung oleh tim fasilitator yang berasal dari Pejabat Kemendagri dan Universitas Trisakti Jakarta, dan pesertanya terdiri dari Anggota DPRD dan pejabat struktural Sekretariat DPRD Provinsi Sulut.

Dari jumlah 43 anggota DPRD yang hadir 28 dan tidak hadir 15 anggota. 

“Ketidakhadiran anggota dewan  karena sebagian melaksanakan tugas luar negeri, kegiatan partai, kegiatan gereja, kegiatan mesjid/puasa dan ada yg sakit,” tukas Kabag Humas DPRD Sulut, Jackson Ruaw.

(Ain)

Terpopuler

PWI Gelar Rapat Terkait Program Kerja 2021
09 Apr 2021 14:25 - Redaksi

PWI Sulut gelar rapat Internal.   TALAUD Kabarpost.com- Bertempat di Salah satu kafe di wilayah M [ ... ]

ADVETORIAL : Didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Bu...
23 Apr 2018 15:08 - Redaksi

Bupati Boltim saat memperingati hari Kartini.    TUTUYAN kabarpost.com - Bertempat dihalaman ka [ ... ]

Pemprov Sulut Bersama BAZNAS Bagikan Sembako Bagi ...
18 May 2020 12:09 - Redaksi

Gubernur Olly saat membagikan sembako.   MANADO Kabarpost.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utar [ ... ]

Ibu Rita Ajak Kader PKK Wujudkan Ketahanan Pangan ...
21 Jun 2020 06:32 - Redaksi

Webinar bertema akuaponik, ketahanan pangan dan gizi ikan lawan Covid-19 di Manado, Sabtu (20/6/2020 [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah