Steve Kepel. 

 

MANADO Kabarpost.com - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sulawesi Utara (Sulut), Steve Kepel megatakan, pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional di Desa Ilo-ilo Kecamatan Wori, Minahasa Utara (Minut) bakal dibangun dalam dua tahap, yakni pertama penyedia infrastruktur oleh APBN dengan dana sebesar 150 Miliar.Dengan panitia dari pusat.

“Untuk pembangunannya segera setelah selesai lelang, saat ini masih sementara lelang jadi setelah selesai baru dibangun,” terangnya, Kamis (2/8/2018). 

Kepel pun menjelaskan,  lahan yang diperlukan untuk TPA sebanyak 30 hektare, sesudah penyediaan infrastruktur oleh APBN dilelangkan secara beauty contest untuk investasi. 

“Investasi ini memerlukan lahan seluas 20 hektare. 20 hektare ini merupakan pengolahan sampah dengan menggunakan energi terbarukan,” paparnya, sembari mengatakan, TPA akan jalan atau berfungsi setelah pelaksanaan fisik selesai. 

Kepel pun menambahkan sangat mendukung pembangunan TPA regional tersebut, karena menurutnya TPA regional tak hanya pengelolaan sampah, tapi juga TPA tersebut bisa menghasilkan energi listrik.

"Bisa bangun pembangkit listrik tenaga sampah, ini peluang investasi tentunya,” tutur Kepel. 

“Dukungan pemerintah terhadap terwujudnya TPA regional yakni, pertama pembangunan jalan akses ke TPA kemudian kami siapkan dokumen izin lingkungan untuk lokasi TPA regional,”tandas Kepel.

Diketahui, rencananya TPA tersebut akan menampung sampah dari Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, sebagian Kota Bitung, dan sebagian wilayah Kabupaten Minahasa.

(Ain)

Terpopuler

Ketua YPK-KM : Tahun Depan Sekolah Katolik UNBK
25 Apr 2018 09:35 - Redaksi

Pastor Revi Tanod.    MANADO Kabarpost.com - Masih banyaknya persekolah katolik mengikuti Ujian  [ ... ]

Warga Humbia: Kami Sudah Lama Tunggu Ronald-Rudolf
27 Feb 2018 13:42 - Redaksi

Calon Bupati Dan Wakil Bupati Sitaro saat bercengkrama dengan warga.    SITARO Kabarpost.com - M [ ... ]

Olly Tandatangani NPHD Peningkatan dan Pengelolaan...
15 Feb 2018 04:02 - Redaksi

  MANADO Kabarpost.com - Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE bersama 13 Gubernur dan 74  [ ... ]

Hebat!! RR RD Miliki Style yang Santun dan Tidak M...
23 Mar 2018 15:30 - Redaksi

RR RD saat mengikuti Debat Publik Pilkada Minahasa.   MINAHASA Kabarpost.com - Komisi Pemilihan U [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah