Para peserta saat mendeklarasikan Tolak Narkoba. 

 

MANADO Kabapost.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Manado menggelar Sosialisasi dampak dan bahaya narkoba dilingkungan netizen dan masyarakat, Rabu (14/11/2018) siang, dengan tema, Forum Komunikasi Anti Narkoba Berbasis Media Online Bagi Netizen dan sub tema, “Torang Tolak, Torang Cegah, Torang Berantas Narkoba”.

Dalam sosialisasi tersebut para peserta yakni dari para wartawan online dan pengguna aktif media sosial. 

Kepala BNN Kota Manado, AKPB Eliasar Sopacoly mengeaskan bahwa Kita harus menjadi contoh agar bisa mengedukasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat. 

“Cegah lewat edukasi informasi, itu sudah mengambil peran dan sudah mengambil tindakan kemanusiaan,” ucapnya. 

Di Indonesia, sambung Sopacoly, negara kita punya tiga persoalan besar yang luar biasa yang sedang dihadapi, yakni pertama terorisme, kedua korupsi dan ketiga adalah narkoba. 

“Ini merupkan bahaya laten dan ancaman. Ada masalah yang siap mencerkam dan meruntuhkan negara kita,” katanya, sembari mengatakan, Negara kita berpulau-pulau jadi banyak sekali peluang untuk mereka (bandar) masuk. Mereka melewati jalan-jalan yang sukar. Kalau kita tidak berbuat sesuatu maka habislah generasi muda kita,” sambungnya lagi. 

Sopacoly pun menjelaskan bahwa Gambaran ancaman narkoba di Indonesia diantaranya, geografis yang terbuka menyebabkan narkoba mudah masuk dan menyebar di seluruh wilayah Indonesia, demografi yang sangat besar (250 juta jiwa) menjadi pasar potensial peredaran gelap narkoba, kemudian peredaran gelap narkoba bukan hanya menyasar orang dewasa dan remaja melainkan juga anak-anak. 

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkiraan setiap hari rata-rata 30 orang meninggal dunia karena narkoba. Sistem penegakan hukum yang belum mampu memberikan efek jera kepada penjahat narkoba,” terangnya. 

Ia pun menambahkan, Modus operandi dan variasi jenis narkoba yang terus berkenbang (ditemukan 68 jenis narkoba baru di Indonesia) 60 jenis telah diatur dalam peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2 Tahun 2017 tentang perubahan narkotika. 

“Kerugian akibat penyalahgunaan narkoba sekitar 84,6 trilyun rupiah,” tandasnya.

(Ain)

Terpopuler

TNI-Polri di Sulut Laksanakan Penyemprotan Cairan ...
22 Mar 2020 15:35 - Redaksi

Penyemprotan Cairan Disinfectant di Gereja-Gereja di Manado.   MANADO Kabarpost.com - Pendam XIII [ ... ]

PWI Bolmut Kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau B...
17 Aug 2020 05:11 - Redaksi

Gelar upacara penringatan HUT RI ke 75, PWI Bolmut Kibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Bongkil.  [ ... ]

Wagub Dorong Peningkatan Minat Baca Masyarakat
23 May 2018 11:07 - Redaksi

Wagub Steven Kandouw saat menghadiri road show perpustakaan tingkat Provinsi Sulut di Halaman Kantor [ ... ]

Lesung Raksasa Ini tak Bisa Diangkat Eksavator
03 Feb 2018 10:27 - Redaksi

Habi Imban, orang pertama yang menemukan lesung raksasa   BOLTIM kabarpost.com - Lesung batu ini  [ ... ]

Other Articles
Fh unsrat
Elena
Elena 2
Paskah