(Walikota GSVL saat menyampaikan arahannya secara virtual)

Manado, Kabarpost.com - Melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda), Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menggelar Rapat Forum Perangkat Daerah Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2022, yang bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Senin (16/3/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Manado, G S Vicky Lumentut dalam arahannya secara virtual mengatakan, semua perangkat daerah satu persepsi dalam perencanaan pembangunan daerah.

“Dari kesamaan persepsi ini kita dapat menciptakan suatu pola porsi kerja yang kuat dalam meluruskan suatu perencanaan pembangunan yang berkualitas,” kata Walikota GSVL. 

Walikota GSVL menegaskan, rangkaian program atau kegiatan perangkat daerah jangan dirumuskan tanpa ada arah dan tujuan yang jelas.

“Dalam merumuskan serangkaian program kerja perangkat daerah, harus dipikirkan dampak yang hendak diwujudkan bagi kesejahteraan masyarakat,” ujar Walikota GSVL.

Sementara itu, Rapat penyusunan RKPD Manado tahun 2022 yang dipimpin Sekda Kota Manado Micler CS Lakat, didampingi Kepala Bapelitbangda Kota Manado Liny Tambajong menjelaskan, penyusunan RKPD dilakukan melalui tahapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dillakukan secara berjenjang mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten/kota, serta memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah tahun sebelumnya yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan pemerintah pusat maupun provinsi.

"Penyusunan RKPD berpedoman pada arah kebijakan pembangunan nasional dan daerah, tahapan dan tatacara penyusunan, perubahan, pengendalian dan evaluasi, serta konsistensi perencanaan dan penganggaran sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," pungkasmya.

Perlu diketahui, RKPD merupakan dokumen perencanaan Daerah untuk periode 1 (satu) tahun. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mewajibkan pemerintahan daerah menyusun Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) sebagai penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan untuk jangka waktu 1 (satu) tahun mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan program strategis nasional Pemerintah.

 

 

(Reza)

Terpopuler

Pangdam XIII/Merdeka Terima Audiensi Kepala Basarn...
05 Aug 2020 09:35 - Redaksi

Pangdam XIII/Merdeka bersama Kepala Basarnas Sulut.   MANADO Kabarpost.com - Pendam XIII/Merdeka, [ ... ]

Dibalik Kesuksesan Suami Ada Peran Isteri
22 Apr 2021 01:57 - Redaksi

Gubernur Olly saat bersama Ketua TP PKK Sulut saat menghadiri Selebrasi Puncak Peringatan HKG PKK Ke [ ... ]

Napi yang Divonis 8 Tahun Ditemukan Tewas Gantung ...
24 Feb 2020 11:22 - Redaksi

Narapidana yang ditemukan tewas akibat gantung diri.   MANADO Kabarpost.com - Seorang warga binaa [ ... ]

Pangdam XIII/Merdeka Laksanakan Kunker di Korem 13...
13 Jul 2020 14:55 - Redaksi

Pangdam XIII/Merdeka melihat serta meninjau secara langsung pelaksanaan protokol kesehatan yang ada [ ... ]

Other Articles
Ucapan indomaret
Ucapan selamat BSG
Ucapa idul fitri