Gubernur Olly saat mengendarai truck sendiri ke PT Multi Nabati Sulawesi (MNS) di Kota Bitung untuk menjual kopra miliknya beberapa waktu lalu. (Foto.ist)

 

MANADO Kabarpost.com - Memerangi kemiskinan ditengah Pandemi Covid 19 bukan lah hal yang mudah, namun Ekspor Sulawesi Utara (Sulut) terus meningkat tajam ditengah Pandemi ini. Kontribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)  saat ini dalam sektor pertanian termasuk didalamnya  perkebunan, sektor pertanian mendominasi kurang lebih 23 persen, sebelumnya hanya 16-17 persen, dimasa Pandemi ini bisa tumbuh. Spesifikasinya produk unggulan termasuk kopra yang saat ini  mencapai Rp 13.000 per Kg nya, pala juga naik namun hanya harga cengkih yang stagnan, Tapi komoditi perkebunan lainnya naik semua.

 

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perkebunan Daerah Provinsi Sulut, Ir Refly Ngantung. 

Membaiknya komoditas kopra, tak lepas dari peran dan intervensi dari Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw pasca anjloknya harga kopra selama beberapa kurun waktu.

Harga produk turunan kelapa, sebenarnya bukan hanya kopra saja. Karena masih banyak lagi olahan lainnya yang dapat meningkatkan pendapatan petani.

“Selama ini petani Sulut sangat berharap, harga kopra terus membaik. Namun akan jauh lebih menguntungkan jika dilakukan diversifikasi produk,” ujarnya salah satu upaya yang terus didorong adalah dengan membuat minyak kelapa murni.

“Pemprov Sulut tak tinggal diam namun terus mencari solusi untuk meningkatkan pendapatan dan ekonomi petani, yaitu dengan mengembangkan industri minyak goreng kelapa skala kelompok tani,” tukasnya.

Namun demikian Ngantung mengajak masyarakat Sulut untuk ikut mengonsumsi produk minyak kelapa lokal, yang asli terbuat dari kelapa dalam Sulut yang memiliki banyak khasiat dengan kandungan asam laurat yang baik untuk kesehatan.

“Masyarakat harus ikut berperan untuk membeli minyak goreng buatan lokal. Dengan demikian kelangsungkan ekonomi masyarakat petani akan ikut beroutar,” tandasnya.

Ngantung juga menyebutkan, ada begitu banyak manfaat dari tanaman kelapa, di mana saat ini, telah diproduksi sejumlah produk yang bernilai. Sebut saja sabut kelapa yang dapat dijadikan sebagai media tanam, cocopeat, hingga sebagai pupuk organik.

“Tanaman kelapa ini sangat seksi, semua dapat dimanfaatkan sehingga menghasilkan produk dan nilai tambah. Namun demikian jangan hanya mengandalkan kopra saja, apalagi jika dijual sebagai kelapa bulat,” tukasnya 

“Kami tak dapat melarang petani, atas hasil pertaniannya. Namun kami terus mendorong agar petani dapat mengolah kelapa dengan diversifikasi produk.Jangan dijual dalam bentuk kelapa bulat, ” imbuhnya, sembari mengatakan di tahun 2021 ini Pemprov Sulut akan terus mengingkatkan gerakan tiga kali ekspor dengan peningkatan mutu dan daya saing. 

Senada disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Edwin Kindangen, bahwa kelompok tani yang mengolah minyak kelapa mendapatkan bantuan pemerintah.

“Bantuan diwujudkan dalam bentuk pemberian mesin produksi minyak kelapa. Khusus untuk kelompok tani yang akan mengelola industri minyak goreng kelapa,” katanya.

Kindangen berharap kelompok petani kelapa di kabupaten dan kota di Sulut dapat terus berinovasi mengolah berbagai produk turunan kelapa lainnya di luar dari kopra.

“Jika diolah dengan baik, produk turunan kelapa jauh bernilai ekonomi tinggi. Upaya ini secara langsung akan meningkatkan perekonomian daerah. Terutama kesejahteraan petani,” katanya.

 

(*/Ain)

Terpopuler

Memperingati HUT Ke-3 Kepemimpinan, Bupati Sehan B...
17 Feb 2019 03:10 - Redaksi

 pemotongan tumpeng bupati sehan landjar dan wakil bupati rusdi gumalangit pada HUT ke-03 kepemimpi [ ... ]

Pemprov Sulut Ajak Masyarakat Lebih Peduli Lingkun...
23 Mar 2018 15:22 - Redaksi

Bersih-bersih sungai oleh Pemprov Sulut.   MANADO Kabarpost.com - Kebutuhan masyarakat Sulawesi U [ ... ]

FDM Masuk Kalender Event Nasional, Paiwisata Bolti...
29 Apr 2019 08:09 - Redaksi

  Rizki Lamaluta, Kadispar Boltim saat menghadiri Launching Calender Of Event Sulut di Jakarta pek [ ... ]

Besok, Pengumuman Kelulusan SD Kota Manado
06 Jun 2018 10:07 - Redaksi

Sejumlah kepsek mengikuti rapat di Aula Dikbud Manado.    MANADO Kabarpost.com - Kepala Dinas Pe [ ... ]

Other Articles
Idulfitri
Ucapan indomaret
Ucapan selamat BSG
Ucapa idul fitri